Berita Banjarbaru

Jelang Pilpres, Ratusan Warga Binaan Lapas Banjarbaru Jalani Perekaman KTP Elektronik

Ratusan warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas III Banjarbaru menjalani perekaman KTP Elektronik, Kamis (4/4/2019).

Jelang Pilpres, Ratusan Warga Binaan Lapas Banjarbaru Jalani Perekaman KTP Elektronik
(banjarmasinpost.co.id/aprianto)
Suasana perekaman KTP Elektronik yang diikuti warga binaan di Lapas Banjarbaru. 

BANJARMASIN POST.CO.ID, BANJARBARU-Ratusan warga binaan lembaga pemasyarakatan (Lapas) kelas III Banjarbaru menjalani perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP El), Kamis, (4/4/2019).

Perekaman KTP elektronik ini dilakukan secara langsung di aula Lapas Banjarbaru dengan melibatkan pihak Disdukcapil Banjarbaru dengan pengawasan ketat dari anggota kepolisian.

Pada perekaman ini juga disaksikan pihak KPU Kota Banjarbaru dan Bawaslu Banjarbaru. Perekaman itu dilakukan terkait dengan pilpres dan pileg 2019 yang tinggal dua pekan lagi.

Baca: Fakta Menarik Jelang Penayangan Perdana Serial Game of Thrones Season 8, 14 April 2019

Baca: Terancam Punah, Sanggar Bina Banua Pendamai Ingin Lestarikan Mamanda dan Balamut

Baca: Barito Putra Ajak Borneo FC dan PSIS Semarang untuk Jalani Laga Ujicoba Jelang Liga 1 2019

Baca: 5 Gerakan Back Widows untuk Perbaiki Postur Tubuh Bungkuk, Disarankan Charlee Atkins

Satu persatu warga binaan lapas Banjarbaru melakukan perekaman dengan alat khusus yang sudah disiapkan oleh Disdukcapil Banjarbaru.

Kepala Disdukcapil Banjarbaru Sri Fatma Karmailita mengatakan ada sebanyak
564 warga binaan yang akan dilakukan perekaman KTP elektronik.

"Proses perekaman dilakukan selama tiga hari sejak Kamis hingga Sabtu mendatang," katanya saat berada di aula Lapas Banjarbaru.

Bagi warga binaan yang pernah melakukan perekaman KTP elektronik, maka secara otomatis datanya akan terlihat dan tinggal melakukan pencetakan KTP.

Namun bagi yang belum pernah melakukan perekaman maka akan dilakukan pendataan ulang. Sehingga mendapatkan KTP elektronik dan bisa memberikan hak suaranya pada pilpres dan pileg 2019.

Kepala Lapas Banjarbaru Abdul Aziz melalui Kasubsi Administrasi dan orientasi Hamzah mengatakan di lapas Banjarbaru rencananya akan ada dua TPS.

"Data awal yang sudah terdata sebagai DPT ada sebanyak 377 orang. Jumlah ini akan terus berubah seiring dengan dilakukannya perekaman KTP elektronik," katanya.

Pihaknya terus berkoordinasi dengan KPU Banjarbaru, Disdukcapil Banjarbaru dan pihak kepolisian nantinya untuk pengamanan saat proses pencoblosan.

Baca: Puluhan Ikan Arwana Banjar Red Dilepasliarkan di Danau Tamian, Ternyata Hasil Sitaan

Baca: Video Reino Barack Suami Syahrini Soal Umbar Cinta Dibahas Feni Rose, Singgung Cincin Berlian

"Untuk TPS rencananya TPS 21 dan TPS 27. Jumlah DPT dari Lapas Banjarbaru akan bertambah dari jumlah awal yang sudah dilaporkan. Kita diberika waktu hingga 10 April untuk proses ini," tambahnya.

Sekedar diketahui, jumlah warga binaan di Lapas Kelas III Banjarbaru keselurahan mencapai 1.626 Orang. (banjarmasinpost.co.id/aprianto)

Penulis: Aprianto
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved