Berita Banjarbaru

Kerajinan Purun di Kampung Purun Kelurahan Palam Banjarbaru Jadi Wisata Edukasi

Kampung purun di Kawasan Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru menjadi kawasan kampung tematik yang menyuguhkan destinasi alami.

Kerajinan Purun di Kampung Purun Kelurahan Palam Banjarbaru Jadi Wisata Edukasi
Capture/Banjarmasin Post Edisi Cetak
Banjarmasin Post Edisi Cetak, Kamis (4/4/2019). Halaman 9_wm 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Kampung purun di Kawasan Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru menjadi kawasan kampung tematik yang menyuguhkan destinasi alami.

Seiring dengan gencarnya Pemko Banjarbaru mempromosikan wisata yang ada di Banjarbaru, kampung purun termasuk destinasi wisata yang diunggulkan dan akan dijadikan sebagai wisata edukasi.

Kampung ini tidak hanya menyuguhkan produk-produk asli dari purun dan kearifan lokal warga setempat. Para pengunjung juga bisa langsung melihat tumbuhan purun yang hidup di rawa-rawa di belakang rumah-rumah penduduk.

Seiring terus berkembangnya sejumlah kampung wisata di Kota Banjarbaru, kampung purun terus berbenah agar bisa menarik para wisatawan dan pengunjung.

"Kampungnya masih asri dan kita bisa melihat secara langsung purun yang tumbuh di rawa. Kita juga bisa melihat saat para pengrajin membuat berbagai jenis produk kerajinan," kata Budiman, warga Banjarbaru yang pernah ke kampung purun, Rabu, (3/4/2019).

Baca: Dukung Program Satumat Bakuliling Banjarbaru, Bank Kalsel Serahkan Satu Unit Mobil Operasional

Dia berharap kawasan kampung purun bisa menjadi lokasi yang bisa mengangkat kearifan lokal warga Banjarbaru khususnya dalam hal pengolahan kerajinan purun. Kabid Pariwisata Dinas Pemuda, Olahraga, Budaya dan Pariwisata (Disporabudpar) Kota Banjarbaru Dhiah Tri Widhiningsih mengatakan bahwa kampung purun merupakan kampung tematik yang diunggulkan sebagai kawasan kampung wisata yang ada di Kota Banjarbaru.

proses pembuatan kerajinan purun di Banjarbaru.
proses pembuatan kerajinan purun di Banjarbaru. (Foto Disporabudpar Banjarbaru)

Kampung Purun di Kelurahan Palam menyuguhkan destinasi yang berbeda dengan kampung
tematik yang ada di Kota Banjarbaru maupun daerah lainnya. Kampung Purun terbentuk secara alami karena banyaknya purun di wilayah itu yang tumbuh secara alami dan diolah menjadi berbagai produk olahan kerajinan tangan berbahan asli dari purun.

Meski begitu, Kampung purun masih terus dipoles dan ditata agar tetap menjadi kampung destinasi yang dikunjungi para wisatawan.

"Kampung purun tidak hanya menyuguhkan kampung destinasi yang alami, namun juga menyuguhkan proses pembuatan kerajinan purun secara langsung," katanya.

Baca: Pembangunan Asrama Pelajar Terganjal Status 3T, 30 Siswi Wanaraya Pilih Indekos Demi Ikut UNBK

Untuk itu pihaknya masih terus menata kampung purun mengingat potensi yang ada bahwa kampung purun mempunyai potensi untuk dikembangkan lebih baik lagi ke depannya.

Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani dan wakilnya meninjau Kampung Purun.
Wali Kota Banjarbaru, Nadjmi Adhani dan wakilnya meninjau Kampung Purun. (Banjarmasinpost.co.id/Nia Kurniawan)

"Kampung Purun yang menawarkan keasrian dan lebih alami dibanding kampung lainnya di Banjarbaru. Konsep ke depannya, kampung purun akan dipromosikan sebagai kampung wisata edukasi," bebernya.

Nantinya, para wisatawan ataupun para pelajar bisa secara langsung belajar atau melihat cara pembuatan kerajinan dari purun secara langsung. Sehingga bisa memberikan edukasi kepada pengunjung.

Selain mempromosikan proses pembuatan kerajinan purun, pihaknya juga berencana membuat galeri kerajinan purun. Dengan konsep galeri dipusatkan di satu lokasi. Tidak menyebar, sehingga wisatawan lebih dimudahkan saat melakukan kunjungan wisawatan. Bahkan pihaknya sudah melakukan pertemuan dan musyawarah dengan pihak Kelurahan untuk dicarikan lokasi yang strategis sebagai galeri. (banjarmasinpost.co.id/ryn)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved