Pemilu 2019

KPU Tapin Ujicoba Situng dan Simulasi Pencoblosan di TPS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin sukses melaksanakan sistem ujicoba rekapitulasi dan penghitungan suara (Situng) belum lama ini.

KPU Tapin Ujicoba Situng dan Simulasi Pencoblosan di TPS
banjarmasinpost.co.id/mukhtar wahid
Pengepakan logistik pemilu di Gedung Futsal Sultan Kuning, Jalan By Pass Rantau, Jumat (5_4_2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, RANTAU - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Tapin sukses melaksanakan sistem ujicoba rekapitulasi dan penghitungan suara (Situng) belum lama ini.

Sebanyak 25 operator Situng yang direkrut KPU Kabupaten Tapin sudah mampu melakukan proses memindai contoh formulir C1, contoh sertifikat hasil penghitungan suara, entry data sampai dengan proses pengiriman ke KPU RI.

"Keberadaan 25 operator Situng itulah yang akan bekerja membantu tugas para Pengawas Pemilihan Kecamatan (PPK) se Kabupaten Tapin," ujar anggota KPU Kabupaten Tapin, Muhammad Fauzi, Jumat (5/4/2019).

Muhammad Fauzi yang selaku Divisi Penyelenggaraan, menjelaskan bahwa ujicoba Situng itu berlangsung dari pukul 08.30 Wita hingga pukul 16.30 Wita.

Baca: Daftar 3 Keistimewaan Malam Nisfu Syaban di Bulan Syaban & Waktu Larangan Puasa Jelang Ramadan

Baca: Ayu Ting Ting Curi Perhatian Gara-gara Nangis Saat Momen di Tanah Suci Bareng Perempuan Cantik Ini

Baca: Sebut Angga Wijaya Naksir Dirinya, Keluarga Besar Dewi Perssik Beri Hukuman pada Rosa Meldianti

Baca: Keterangan Resmi Luhut Panjaitan Soal Video Amplop Putih ke KH Zubair Saat ke Ponpes Madura

Baca: Amarah Via Vallen Dapat Julukan Ratu Cover, Sama dengan Sindiran Jerinx SID?

Ujicoba Situng hingga tahap ketiga yang akan dilaksanakan kembali pada 10 April 2019 nanti, sehingga proses hitung cepat ala KPU Kabupaten Tapin berlangsung lancar sesuai rencana.

Situng adalah alat ukur mengetahui perolehan suara Pemilu Presiden dan Wakil Presiden serta hasil perolehan suara sementara peserta Pemilu Legislatif.

Ketua KPU Kabupaten Tapin, Henny Hendriyanti menambahkan pada 13 April 2019 akan dilaksanakan simulasi pemungutan suara di lapangan Dwi Dharma Rantau.

Simulasi itu dibuat mirip dengan pelaksanaan seperti pemungutan suara pada 17 April 2019 dari pukul 07.30 Wita hingga pukul 13.00 Wita.

Duplikat surat suara Pemilu akan dibuat sama persis, hanya saja tidak ada hologram seperti surat suara aslinya.

"Bupati Tapin HM Arifin Arpan berkenan melakukan pencoblosan surat suara saat simulasi berlangsung. Simulasi ini sudah dilaksanakan di KPU Provinsi Kalimantan Selatan," katanya.

(banjarmasinpost.co.id/ mukhtar wahid)

Penulis: Mukhtar Wahid
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved