Berita Kalteng

Tak Mau Pasokan Barang Tergantung Pelabuhan Trisakti, 2 Pelabuhan di Kalteng Ini Bakal Dioptimalkan

Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan mengoptimalkan pelabuhan Batanjung di Kabupaten Kapuas dan Pelabuhan Bahaur

Tak Mau Pasokan Barang Tergantung Pelabuhan Trisakti, 2 Pelabuhan di Kalteng Ini Bakal Dioptimalkan
HO/Pemprov Kominfo Kalteng
Pelabuhan Bahaur, Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, mulai dimanfaatkan masyarakat transmigrasi di Kalteng untuk pulang kampung ke Jawa. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah akan mengoptimalkan pelabuhan Batanjung di Kabupaten Kapuas dan Pelabuhan Bahaur di Kabupaten Pulangpisau agar pasokan barang tidak lagi ketergantungan dengan Pelabuhan Trisakti , Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Dua pelabuhan di Kalteng tersebut diharapkan akan menjadi pintu masuk pasokan barang dan sembako juga penumpang yang didatangkan dari Pulau Jawa ke Kalteng untuk memasok barang ke Kapuas, Pulangpisau, Palangkaraya, Kabupaten Gunungmas dan Katingan yang selama ini masih tergantung dari Pelabuhan Trisakti.

Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran, dalam beberapa kali pertemuan membahas pembangunan infrastruktur di Kalteng, mengatakan, alan membangun Pelabuhan Samudera di Katingan serta membenahi pelabuhan Bahaur dan Batanjung, agar Kalteng tidak tergantung lagi dengan Pelabuhan Trisakti, Kalsel.

Baca: Resmi, Samsat Online Nasional e-Samsat Diluncurkan Korlantas, Kemudahan Bagi Masyatakat

Baca: Teror Buaya Ganas di Kalteng, Sang Predator Menyeberang Lalu Naik Dekati Permukiman Warga

Baca: Kadis PUPR Tanahbumbu Sebut Satu Dewan Bisa Ada Dua Proyek, Ansyari: Itu Hasil Reses

Warga Kapuas dan Pulangpisau, juga Palangkaraya, berharap agar dua pelabuhan tersebut difungsikan optimal agar bepergian menggunakan kapal laut tidak lagi lewat Pelabuhan Trisakti."Selama ini untuk ke Surabaya atailu Semarang memang lewat Banjarmasin atau Sampit, harus naik travel dulu menuju Kalsel atau Sampit," ujar Saidah, salah seorang warga Palangkaraya, Jumat (5/4/2019).

Pelabuhan Bahaur Pulangpisau, saat dikunjungi Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, beberapa waktu lalu.
Pelabuhan Bahaur Pulangpisau, saat dikunjungi Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran, beberapa waktu lalu. (Dok Banjarmasinpost.co.id)

Kemauan Gubernur Kalteng ini disambut baik oleh Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, yang menegaskan, pihaknya perlu dukungan dana untuk membenahi jalan menuju Pelabuhan Batanjung tersebut."Ya, kami memang perlu pembenahan jalan menuju Pelabuhan Batanjung tersebut," ujar Ben Brahim.

Dikatakan dia, jalan sejauh 52 km menuju pelabujan Batanjung masih belum berfungsi demikian juga alur sungai dari pelabuhan menuju muara sekitar 500 meter perlu dikeruk agar kapal barang bisa leluasa keluar masuk pelabuhan."Diperlukan dana untuk membukanya," ujar Ben Brahim.

Hal senada diungkapkan, Bupati Pulangpisau, Edy Pratowo, dalam pertemuan dengan Gubernur, berharap agar jalan menuju pelabuhan Bahaur bisa diperbaiki untuk memperlancar kendaraan yang keluar masuk pelabuhan Bahaur."Saat ini kapal roro sudah bisa masuk, tinggal jalan menuju pelabuhan yang perlu dibenahi," ujarnya.

(banjarmasinpost.co.id/faturahman)

Penulis: Fathurahman
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved