Berita Banjarbaru

Kampung Ini Siapkan Tas Purun Motif Sasirangan untuk Hari Jadi Kota Banjarbaru

Warga dari Kampung Purun di Kawasan Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru ikut andil dalam menyongsong hari jadi ke 20 Kota Banjarbaru.

Kampung Ini Siapkan Tas Purun Motif Sasirangan untuk Hari Jadi Kota Banjarbaru
Al Firdaus untuk Banjarmasinpost.co.id
Tas Sasirangan dari Pengrajin purun Kelompok Al Firdaus yang ada di Kampung Purun Banjarbaru. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Warga dari Kampung Purun di Kawasan Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru ikut andil dalam menyongsong hari jadi ke 20 Kota Banjarbaru.

Pengrajin purun dari Kelompok Al Firdaus dari Kampung purun diminta menyiapkan 100 tas purun yang dikombinasi dengan kain sasirangan.

Tas dari purun dimodifikasi lebih modern. Tas yang berbentuk sederhana ini ditambah dengan kain sasirangan yang dijahit secara khusus.

"Kita ada membuat tas purun yang dimodif dengan kain sasirangan. Untuk HUT Pemko Banjarbaru ada dipesan 100 tas," kata Siti, Warga Kampung Purun, Sabtu, (6/4).

Dijelaskannya bahwa pembuatan tas sasirangan tidak jauh berbeda dengan tas purun pada umumnya. Bedanya harus ditambah dengan kain sasirangan yang dijahit dengan mesin atau pun mesin jahit manual.

Sehingga bentuknya lebih modern. Selain itu juga ada logo hari jadi ke 20 Pemko Banjarbaru di samping tas purun itu.

Baca: Gading Marten Saingi Gisella Anastasia & Wijaya Saputra, Roy Marten Sebut Dokter Cantik Citra Juvita

Baca: Irish Bella & Ammar Zoni Kepergok Datangi Butik, Terungkap Busana Adat Ini Bakal Dipakai Akad Nikah

Baca: Setelah Makam Wanita Cantik Ini Dibongkar, Terungkap, Ternyata Ferolin Dihabisi Suami Tercintanya

Selain membuat tas purun untuk hari jadi kota Banjarbaru, Warga Kampung Purun juga membuat berbagai jenis kerajinan tangan seperti tas botol, dompet, tempat pot bunga, topi dan berbagai jenis kerajinan lainnya baik pesanan atau untuk dipajang sebagai kerajinan yang dijual di kampung purun.

Kampung purun di Kawasan Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru menjadi kawasan kampung tematik yang menyuguhkan destinasi alami.

Seiring dengan gencarnya Pemko Banjarbaru mempromosikan wisata yang ada di Banjarbaru, kampung purun termasuk destinasi wisata yang diunggulkan dan akan dijadikan sebagai wisata edukasi.

Kampung ini tidak hanya menyuguhkan produk-produk asli dari purun dan kearifan lokal warga setempat. Para pengunjung juga bisa langsung melihat tumbuhan purun yang hidup di rawa-rawa di belakang rumah-rumah penduduk.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved