Ekonomi dan Bisnis

Kementrian Keuangan Simplikasikan Prosedur Ekspor CPO, Bea dan Cukai Dapatkan Tugas Baru

Turunnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 22/PMK.04/2019 Tentang Ketentuan Ekspor Kelapa Sawit, Crude Palm Oil (CPO) dan Produk Turunannya.

Kementrian Keuangan Simplikasikan Prosedur Ekspor CPO, Bea dan Cukai Dapatkan Tugas Baru
Kalbagsel untuk banjarmasipost.co.id
Proses pelatihan pegawai pemeriksa fisik ekspor CPO DJBC Kalvagsel. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Turunnya Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 22/PMK.04/2019 Tentang Ketentuan Ekspor Kelapa Sawit, Crude Palm Oil (CPO) dan Produk Turunannya, berikan wewenang bagi Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) sebagai pemeriksa fisik komoditi ekspor sektor ini.

Melalui PMK tersebut, proses ekspor komoditi Kelapa Sawit, Crude Palm Oil (CPO) dan Produk Turunannya disederhanakan dengan dihilangkannya tahapan Laporan Surveyor dalam prosedur ekspor.

Tindaklanjuti hal ini, Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Bea Cukai (DJBC) Kalimantan Bagian Selatan (Kalbagsel) gelar serangkaian pelatihan pemeriksaan ekspor dimulai Senin (4/4/2019).

Bertempat di aula kantor Bea dan Cukai Banjarmasin, pelatihan memuat Pemeriksaan CPO, Kayu, Rotan, Minyak dan Gas bagi peserta pelatihan yang merupakan pelaksana pemeriksa dari 5 satuan kerja di lingkungan Kanwil DJBC Kalbagsel.

Baca: Sikap Tak Terduga Syahrini Saat Ada Fans Tanpa Sandal, Istri Eks Luna Maya Reino Barack Lakukan Ini

Selama pelatihan, peserta diberikan materi, latihan soal dan simulasi langsung sounding CPO di tangki darat milik PT Palmina Utama, Marabahan juga menjadi tahapan yang ditekankan.

Direktur Teknis Kepabeanan Kantor Pusat DJBC, Fadjar Donny menegaskan, seluruh materi dan praktek dalam pelatihan wajib di pahami mendalam oleh para peserta untuk menjaga kepercayaan yang diberikan kepada DJBC dapat dijaga dengan sebaik-baiknya.

"Kami berharap lokakarya ini dapat mengedukasi dan meningkatkan kompetensi pelaksana pemeriksa yang akan terjun langsung ke apangan, guna menunjang peran dan fungsi DJBC dalam memberikan pelayanan ekspor CPO dan produk turunannya, sehingga tujuan simplifikasi prosedur ekspor tercapai, antara lain efisien cost dan waktu bagi perusahaan," kata Fadjar.

Baca: Foto Citra Juvita Sudah Dilihat Roy Marten, Ini Pesan Bapak Gading Marten ke Eks Gisella Anastasia

Selain Fadjar, Kepala Bidang Kepabeanan dan Cukai Kanwil DJBC Kalbagsel, Firsty Masdiani dan Kepala Bagian Pengembangan Kantor Pusat Bea Cukai Muhammad Lukman juga memberikan motivasi dan pemahaman bagi para peserta untuk dapat menjaga kualitas, kuantitas dan integritas. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved