Berita Dunia

Pohon Tropis Tertinggi di Dunia ada di Malaysia, Dinamakan "Menara"

“Menara” dinobatkan sebagai pohon tropis tertinggi di dunia. Pohon tersebut juga diduga sebagai tanaman berbunga tertinggi dunia.

Pohon Tropis Tertinggi di Dunia ada di Malaysia, Dinamakan
(Unding Jami)
Menara, pohon tropis tertinggi di dunia 

BANJARMASINPOST.CO.ID – Tingginya yang menjulang ke langit membuat orang di Malaysia memberikan nama pohon ini "Menara".

Sesuai namanya pula, “Menara” dinobatkan sebagai pohon tropis tertinggi di dunia. Pohon tersebut juga diduga sebagai tanaman berbunga tertinggi dunia.

Menara merupakan anggota dari spesies pohon Meranti Kuning (Shorea faguetiana). Tingginya dari tanah ke pucuk ialah 100,8 meter atau lebih panjang dari ukuran minimum lapangan sepak bola taraf internasional.

Baca: Wajah Bahagia Mantan Istri Sule, Lina Saat Bersama Anak-anaknya, Tapi Rizky Febian Tak Terlihat?

Baca: 7 Cara Mudah dan Tepat Keluarkan Air dari Telinga

Baca: Penampakan Ayah Tiri Nagita Slavina Saat Ultah Rieta Amilia, Mertua Raffi Ahmad yang Tak Terekspose

Baca: Soal Ahmad Jufrianto ke Barito Putera, ini Kata Jacksen

Para peneliti menemukannya menggunakan teknologi laser yang disebut LIDAR (Light Detection and Ranging). Alat ini mengukur cahaya yang terpantul kembali ketika menabrak kanopi hutan dan tanah, untuk menciptakan peta topologi.

Setelah melihat peta, para peneliti secara langsung menemui Menara pada Agustus 2018. Mereka memindai pohon menggunakan laser untuk menciptakan foto 3D beresolusi tinggi dan mengambil fotonya dari atas.

Seorang pemanjat andal dari Southeast Asia Rainforest Research Partnership, Unding Jami, juga diminta untuk mengukur pohon menggunakan meter ukur pada Januari 2019.

Hasilnya sangat menakjubkan. Menara kemungkinan besar adalah tanaman berbunga tertinggi di dunia, mengalahkan pemegang rekor sebelumnya yaitu pohon Eucalyptus regnans dari Tasmania, Australia yang tingginya 99,6 meter.

Lalu tanpa menghitung akarnya, pohon ini berbobot nyaris 81.500 kilogram. 95 persen dari bobot ini berasal dari batangnya, dan hanya lima persen yang berasal dari mahkotanya yang memiliki lebar 40 meter.

Para peneliti juga menemukan bahwa pohon ini sangat simetris dan memiliki keseimbangan yang sangat baik, walaupun terletak pada lereng. Pasalnya, batangnya sangat lurus dan pusat massanya berada pada ketinggian 28 meter di atas tanah, hanya melenceng 0,6 meter dari sumbu vertikal tengahnya.

Hal ini kemungkinan disebabkan oleh lokasi pohon yang melindunginya dari kerusakan angin.

Sayangnya, para peneliti berkata bahwa Menara kemungkinan tidak akan bertumbuh lebih tinggi lagi. Pasalnya, tinggi Menara yang luar biasanya membuatnya kesulitas membawa air dari akar ke pucuk.

Baca: Suami Cekik Istri Hingga Tewas Usia Bertengkar, Terungkap Suami Tak Suka Pekerjaan Istri

Baca: Hamil di Luar Nikah, Puluhan Pelajar Ini Ajukan Dispensasi ke PA, Orangtua Malah Gembira

Berdasarkan faktor ini, para peneliti juga mengonklusikan bahwa sulit bagi pohon lain untuk menyaingi Menara atau bahkan menyamainya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Pohon Tropis Tertinggi di Dunia ada di Malaysia, Ini Rupanya"

Penulis : Shierine Wangsa Wibawa

Editor: Hari Widodo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved