Bumi Antaluddin

Ikuti Simulasi Mencoblos, Bupati HSS Bilang Ternyata Butuh Dua Menit di Bilik Suara

‎KPU Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2019, Selasa (9/4/2019), di halaman Sekretariat

Ikuti Simulasi Mencoblos, Bupati HSS Bilang Ternyata Butuh Dua Menit di Bilik Suara
dinas kominfo hss
Bupati HSS disaksikan dandim 1003 Kandangan, saat mengikuti simulasi penggunaan hak pilih yaitu tata cara pencoblosan pada Pemilu 17 April 2019 mendatang 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - ‎KPU Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) melaksanakan Simulasi Pemungutan Suara Pemilu 2019, Selasa (9/4/2019), di halaman Sekretariat Daerah Kabupaten HSS di lingkungan Kantor Bupati.

Simulasi akhir dalam rangka persiapan menghadapi Pemilu yang tinggal hitungan hari tersebut, dibuat dan dilaksanakan sesuai Pemilu yang dilaksanakan 17 April mendatang.

Kegiatan yang diselenggarakan KPU HSS tersebut dihadiri Bupati HSS H Achmad Fikry, Dandim 1003 Kandangan, Ketua DPRD, Perwakilan Polres HSSD, kepala SKPD serta jajaran KPU HSS. Simulasi meliputi peragaan tentang aktivitas anggota KPPS memberikan pelayanan kepada masyarakat untuk memberikan hak suaranya dengan mencoblos.

Simulasi penampilan sumpah KPPS
Simulasi penampilan sumpah KPPS (dinas kominfo hss)

Dimulai ‎pengambilan sumpah yang dilakukan oleh KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara), penghitungan surat suara yang akan dicoblos serta penghitungan surat suara cadangan, proses pencoblosan, dan penghitungan surat suara yang dicoblos.

‎Simulasi proses pencoblosan, pertama kali dilakukan oleh Bupati HSS, H Achmad Fikry, dilanjutkan Ketua DPRD HSS, H Akhmad Fahmi SE serta para kepala dinas/badan di pemerintahan HSS.

Proses ini disaksikan Dandim 1003/Kdg, Letkol Inf Suhardi Aji Sriwijayanto SE, Komisioner KPU Provinsi Kalimantan Selatan Divisi Teknis, Hatmiyati dan Ketua KPU Kabupaten HSS, Nida Guslaili Rahmadina.

Bupati HSS, Ketua DPRD, Ketua KPU HSS dan Divisi Teknis KPU Kalsel
Bupati HSS, Ketua DPRD, Ketua KPU HSS dan Divisi Teknis KPU Kalsel (dinas kominfo hss)

Bupati HSS, H Achmad Fikry mengatakan, berdasarkan pengalaman pada simulasi yang diikutinya, ternyata memerlukan waktu sekitar dua menit untuk pencoblosan.

"Nantinya akan dilihat hal-hal apa saja yang perlu dilakukan perbaikan. Saya berharap, seluruh masyarakat yang terdaftar, agar datang ke TPS. Meskipun hari itu libur nasional, bukan berarti tidak melakukan aktivitas Masyarakat bisa tetap mencari nafkah, namun dilakukan setelah melakukan pencoblosan di TPS,” imbau Bupati.

Kepala Dinas Kominfo ikut simulasi mencoblos di bilik suara.
Kepala Dinas Kominfo ikut simulasi mencoblos di bilik suara. (dinas kominfo hss)

Mengenai Tata Cara Mencoblos Bagi masyarakat ini ketentuannya.

1. Datangi TPS dengan membawa KTP dan formulir C6 atau surat undangan pemberitahuan untuk memilih

Halaman
123
Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved