Berita Banjarmasin

Iwan Setiawan Undurkan Diri 10 Hari Jelang Pemilu 2019, Erna Kasypiah Jadi Ketua Bawaslu Kalsel

Iwan Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) secara resmi mengundurkan diri Selasa (9/4/2019).

Iwan Setiawan Undurkan Diri 10 Hari Jelang Pemilu 2019, Erna Kasypiah Jadi Ketua Bawaslu Kalsel
Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody
Erna Kasypiah, Ketua Bawaslu Kalsel, mengantikan Iwan Setiawan yang mengundurkan diri karena alasan pribadi, Selasa (9/4/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Iwan Setiawan yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua Bawaslu Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) secara resmi mengundurkan diri Selasa (9/4/2019).

Hal ini dibenarkan Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel yang baru, Erna Kasypiah yang terpilih secara aklamasi menggantikan posisi Iwan Setiawan sebagai Ketua.

"Iya disepakati secara aklamasi menggantikan Pak Iwan Setiawan," kata Erna saat dihubungi Banjarmasinpost.co.id, Selasa (9/4/2019).

Kesepakatan tersebut dicapai pada Rapat Pleno Bawaslu Provinsi Kalsel Selasa (9/4/2019) dan tercatat dalam Berita Acara yang ditandatangani kelima Komisioner Bawaslu Provinsi Kalsel.

Erna menjelaskan dalam rapat, Iwan Setiawan nyatakan alasan pengunduran diri adalah karena alasan pribadi.

Baca: Tim BPN Prabowo Sandi Tak Sanggup Tertibkan Alat Peraga Kampanye yang Dipasang Relawan

Baca: Tiga Kecamatan di Tapin Ini Jadi Prioritas KPU Untuk Pendistribusian Logistik Pemilu 2019 

Baca: Hadiri Rapat Koordinasi Bawaslu, Bupati Tapin Minta Penertiban APK Sesuai Aturan

Pergantian Ketua Bawaslu di waktu kurang dari sepuluh hari jelang Pemilu 2019, Erna optimis tak akan ada gangguan terhadap kinerja Bawaslu Provinsi Kalsel.

Karena menurutnya walaupun ada pergantian Ketua, namun masing-masing Komisioner masih mengkoordinir divisi yang sama dan tidak ada rotasi.

Artinya, Erna sebagai Ketua masih mengkoordinir Divisi Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga dan Iwan Setiawan Divisi Sumber Daya Manusia dan Organisasi.

Sedangkan Komisioner lainnya, Azhar Ridhanie pada Divisi Penindakan Pelanggaran, Aris Mardiono Divisi Sengketa dan Nur Kholis Majid Divisi Hukum dan Data Informasi.

Merupakan organisasi berlandaskan asas kolektif kolegial, Erna nyatakan pada dasarnya tak ada tugas spesifik tambahan terkait pengawasan Pemilu pada jabatan Ketua. Karena setiap Komisioner sudah memiliki tugas dan fokusnya masing-masing.

Namun yang berbeda menurut Erna sebagai Ketua tentu dirinya akan lebih membiasakan diri untuk lebih banyak menjadi titik koordinasi baik secara internal di Bawaslu Kalsel, maupun dengan pihak diluar Bawaslu Kalsel. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved