Berita Banjarbaru

Ratusan Peserta Ikuti Bimtek Ketahanan Budaya Bangun Masyarakat Damai, Ini Tujuannya

Bimbingan Teknis (Bimtek) Ketahanan Budaya dalam rangka membangun masyarakat damai dan sejahtera digelar di Novotel Banjarbaru, Selasa (9/4).

Ratusan Peserta Ikuti Bimtek Ketahanan Budaya Bangun Masyarakat Damai, Ini Tujuannya
Banjarmasinpost.co.id/aprianto
Pembukaan Bimbingan Teknis (Bimtek) Ketahanan Budaya dalam rangka membangun masyarakat damai dan sejahtera digelar di Novotel Banjarbaru, Selasa (9/4/2019). 

BANJARMASIN POST.CO ID, BANJARBARU - Bimbingan Teknis (Bimtek) Ketahanan Budaya dalam rangka membangun masyarakat damai dan sejahtera digelar di Novotel Banjarbaru, Selasa (9/4).

Kegiatan ini dibuka Asisten I Bidang Pemerintahan Pemprov Kalsel Siswansyah mewakili Gubernur Kalsel H Sahbirin Noor. Pada kegiatan ini juga dihadiri Direktur Warisan & Diplomasi Budaya Kemendikbud RI, Dr Nadjamudin Ramly.

"Kegiatan Bimtek ini sangat positif dan sangat fundamental. Kegiatan ini langsung ke teknis pelaksanaan di daerah itu seperti apa," katanya.

Untuk itu, dikatakannya setelah ini harus ada tindak lanjut di tingkat daerah dan inilah fungsi Dinas Pendidikan & Kebudayaan Kalsel nantinya.

Dari data panitia, disebutkan bahwa ada 101 tokoh terpilih yang diundang. Mereka yang mengikuti Bimtek ini berasal dair berbagai pemangku kepentingan.

Baca: Waw, Harga Kayu Sengon Bisa Tembus Segini, Pemprov dan Pemkab Banjar Gencarkan Penghijauan

Baik dari delegasi komunitas seni, pemda, paguyuban suku bangsa, mahasiswa, hingga dari akademisi dan juga pengusaha jasa event organizer.

Direktur Warisan & Diplomasi Budaya Kemendikbud RI Nadjamudin Ramly menyebutkan bahwa bimtek ini untuk melatih juru budaya

"Ada gesekan yang terjadi di masyarakat yang mengancam kedamaian harus segera ditanggulangi. Tidak hanya satu pihak namun ujarnya seluruh pemangku kepentingan," katanya.

Menurutnya, kalau ada gesekan horizontal di masyarakat harus ada juru damai. Juru damai ini yang sedang dilatih di Bimtek ini.

"Makanya kita mengundang banyak tokoh dari seluruh Kab/kota dan beberapa elemen lainnya di Kalsel," katanya.

Halaman
12
Penulis: Aprianto
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved