Berita Kalteng

Bawaslu Kabupaten Kapuas Gelar Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Pemilu, ini Tujuannya

Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kapuas menggelar sosialisasi penyelesaian sengketa pemilu, Rabu (10/4/2019) sore.

Bawaslu Kabupaten Kapuas Gelar Sosialisasi Penyelesaian Sengketa Pemilu, ini Tujuannya
tribunkalteng.com/fadly
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kapuas menggelar sosialisasi penyelesaian sengketa pemilu, Rabu (10/4/2019) sore. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Kapuas menggelar sosialisasi penyelesaian sengketa pemilu, Rabu (10/4/2019) sore.

Kegiatan yang digelar di Ruang Pertemuan Hotel Walet Mas Kuala Kapuas tersebut dihadiri oleh Perwakilan Partai Politik (Parpol), Panwascam dan undangan lainnya.

Setelah kegiatan pembukaan, langsung masuk ke materi pertama tentang mekanisme permohonan PSPP disampaikan Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas, Iswahyudi Wibowo.

Dilanjut materi tentang mekanisme permohonan PSAP yang disampaikan Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Kabupaten Kapuas, Ana Rahimah.

Lalu materi tentang Perbawaslu Nomor 5 Tahun 2019 tentang Penyelesaian Sengketa disampaikan oleh Kordiv Organisasi dan SDM Bawaslu Kabupaten Kapuas, Libu.

Baca: Reaksi Keras Mahfud MD, Nikita Mirzani & Permintaan Hotman Paris ke Jokowi Soal Pengeroyokan Audrey

Baca: Cibiran pada Gisella Anastasia dan Wijaya Saputra yang Liburan Bersama Dijawab Mantan Gading Marten

Baca: Reaksi Berbeda Putri Ahok BTP Soal Pengeroyokan Audrey, Siswi SMP Pontianak yang Viral di Medsos

Baca: Ivan Gunawan Peluk Ayu Ting Ting Gara-gara Shaheer Sheikh, Ruben Onsu : Padahal Hatinya Nangis

Sosialisasi dipandu oleh Koordinator Sekretariat Bawaslu Kabupaten Kapuas, Untung Supriyadi yang bertindak sebagai moderator.

Sesi tanya jawab dibuka usai tiga narasumber menyampaikan materi. Begitu interaktif saat kegiatan sosialisasi tersebut.

Kegiatan dilanjutkan pada malam harinya, dimana akan disampaikan materi tentang prosedur penyelesaian sengketa proses pemilu oleh Kordiv Penyelesaian Sengketa Bawaslu Provinsi Kalteng, Rudyanti Dorotea Tobing.

"Tujuan kegiatan ini yaitu kami menyampaikan materi kepada peserta terkait bagaimana teknis atau prosedur tata cara tentang penyampaian permohonan sengketa pemilu," kata Ketua Bawaslu Kabupaten Kapuas Iswahyudi Wibowo.

Dilanjutkannya, permohonan sengketa itu ada dua. Yang pertama sengketa antar peserta pemilu. Lalu antara peserta pemilu dengan penyelenggara yaitu KPU.

"Yang menjadi objek sengketa itu adalah apabila peserta pemilu mempunyai kepentingan langsung akibat dari dikeluarkannya keputusan yang dianggap merugikan," tandasnya.

Dirinya pun berharap para peserta yang mengikuti sosialisasi tersebut bisa betul-betul memperhatikan materi-materi yang disampaikan narasumber.

"Agar mengerti bagaimana penyelesaian sengketa pemilu sebagaimana tujuan sosialisasi ini," pungkasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved