Berita Banjarmasin

Bawaslu Kalsel Siapkan Jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota di Kalsel Tangani Sengketa Pemilu

Rapat yang diagendakan digelar selama tiga hari hingga Jumat (12/4/2019) ini menghadirkan para Ketua, Anggota dan Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota.

Bawaslu Kalsel Siapkan Jajaran Bawaslu Kabupaten/Kota di Kalsel Tangani Sengketa Pemilu
banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody
Suasana Rapat Kerja Teknis Penanganan Sengketa Pemilu oleh Bawaslu Kalsel, Rabu (10/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Bawaslu Provinsi Kalsel Gelar Rapat Kerja Teknis Sistem Informasi Penyelesaian Sengketa di Banjarmasin, Rabu (10/4/2019).

Rapat yang diagendakan digelar selama tiga hari hingga Jumat (12/4/2019) ini menghadirkan para Ketua, Anggota dan Sekretariat Bawaslu Kabupaten/Kota se-Kalsel.

Digelar di Ballroom Hotel Nasa Banjarmasin, para peserta dapatkan arahan dan penjelasan langsung terkait tata cara penanganan sengketa Pemilu jelang Pemilu 2019 yang akan digelar kurang dari seminggu lagi.

Dijelaskan Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel, Erna Kasypiah, mekanisme penanganan Pemilu mulai dari syarat-syarat diterimanya permohonan sengketa, administrasi dan alur penanganan menjadi materi pembekalan yang diberikan kepada para peserta.

Hal ini menurut Erna menjadi langkah vital, sebab dengan penyelenggaraan Pemilu serentak yang gabungkan Pilpres dan Pileg tentu makin besar potensi timbulnya sengketa Pemilu.

Baca: Bawaslu HSS Imbau Caleg dan Tim Kampanye Paslon Turunkan APK Selama Masa Tenang 14-16 April 2019

Baca: Akhir Pekan Disdukcapil Tetap Buka, Berikan Pelayanan KTP Elektronik Hingga ke Rumah Sakit

Apalagi dijelaskan Erna, Kalsel mendapatkan rating rawan sedang dalam indeks kerawanan Pemilu pada pelaksanaan Pemilu 2019 dari Bawaslu RI.

"Karena tensi politik berpeluang cukup tinggi dengan Pemilu serentak ini, jadi kami selalu siapkan kawan-kawan di Bawaslu Kabupaten/Kota juga untuk siap dari sisi mekanisme penanganan sengketa," kata Erna.

Selain itu, Perwakilan Partai Politik Peserta Pemilu 2019 juga tak ketinggalan diundang hadiri Rapat Kerja kali ini.

"Jadi kawan-kawan di Bawaslu Kabupaten/Kota siap dalam hadapi adanya sengketa dan peserta Pemilu juga paham menggunakan jalur sengketa baik syarat dan mekanismenya," kata Erna.

Komisioner Bawaslu Provinsi Kalsel lainnya termasuk Mantan Ketua Bawaslu Kalsel, Iwan Setiawan dan Aris Mardiono juga hadir dalam kegiatan ini. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved