Ekonomi dan Bisnis

Begini Cara Mudah Beli Obligasi SBR, Analis: Investor Banua Belum Pernah Beli

Saving Bonds Ritel (SBR) seri SBR005 resmi dibuka pada awal 2019 lalu. SBR sendiri merupakan instrumen investasi dari Surat Berharga Negara (SBN).

Begini Cara Mudah Beli Obligasi SBR, Analis: Investor Banua Belum Pernah Beli
banjarmasinpost.co.id/acm
Senior Equity Brokerage MNC Sekuritas Banjarmasin Herry Wachiedin 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Saving Bonds Ritel (SBR) seri SBR005 resmi dibuka pada awal 2019 lalu. SBR sendiri merupakan instrumen investasi dari Surat Berharga Negara (SBN).

Dijelaskan Senior Equity Brokerage MNC Sekuritas Banjarmasin, Herry Wachiedin, saat ini mengenai investasi SBR tersebut belum ada investor yang membeli.

"Saat ini masih belum ada yang investasi Surat Utang Negara (SUN) ataupun SBR, yang pernah investasi Obligasi Ritel Indonesia (ORI) dan Sukuk Ritel saja," jelas Herry kepada Banjarmasinpost.co.id, Rabu (10/4/2019).

Ditambahkan Herry, pihaknya masih memberikan penawaran maupun sosialisasi kepada para investor untuk membeli jenis investasi ini.

Di Banjarmasin, dikatakannya terdapat 11 agen atau mitra penjual yang ditunjuk oleh pihak perbankan. Masyarakat bisa membeli SBR005 dengan harga yang cukup terjangkau, yakni mulai Rp 1 juta.

Baca: Minat Investasi SBR006 Mulai Rp 1 Juta? Dijamin Negara, Ini Keunggulannya 

11 mitra distribusi tersebut di antaranya bank yang terdiri dari Bank BCA, Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan Bank Permata. Pemesanan SBR dapat dilakukan di tempat tersebut.

Proses pendaftaran Calon Investor melalui Sistem Elektronik yang disediakan oleh Mitra Distribusi (Midis), dengan menginput data-data antara lain, data diri, nomor SID (Single Investor Identification), nomor Rekening Dana dan nomor Rekening Surat Berharga.

"Bagi calon investor yang belum memiliki nomor SID, rekening dana, atau rekening surat berharga, dapat menghubungi mitra distribusi. Setelah registrasi berhasil, Calon Investor melakukan pemesanan SBR005 dengan sebelumnya membaca ketentuan dalam Memorandum Informasi," papar Herry.

Dia menamvahkan, pemesanan hanya dapat dilakukan pada saat masa penawaran SBR005. Setelah pemesanan diverifikasi (verified order), calon investor mendapatkan kode pembayaran (billing code) melalui e-mail atau SMS sesuai kebijakan masing-masing mitra distribusi.

Baca: Urus Sertifikat Tanah, Wanto Gerah Tunggu Pelayanan ATR BPN Tanahlaut

Kode pembayaran digunakan untuk penyetoran dana investasi melalui Bank Persepsi (teller, ATM, internet banking, mobile banking) dalam batas waktu yang ditentukan.

Setelah pembayaran, calon investor akan memperoleh NTPN (Nomor Transaksi Penerimaan Negara) dan notifikasi completed order serta akan memperoleh alokasi SBR005 pada tanggal penerbitan. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved