Berita Banjar

Hujan Deras Jalan di Sekumpul Tergenang, Lurah Sebut Darurat Drainase

Hujan deras yang terjadi pada sore hari, Kamis (11/4/2019) menyebabkan Guntungalaban dan Jalan Sekumpul tergenang.

Hujan Deras Jalan di Sekumpul Tergenang, Lurah Sebut Darurat Drainase
istimewa/lurah sekumpul
hujan deras yang mengguyur Kota Martapur membuat jalan di kawasan Sekumpul tergenang, Kamis (11/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Hujan deras yang terjadi pada sore hari, Kamis (11/4/2019) menyebabkan beberapa ruas jalan di Martapura tergenang air. Diantaranya adalah Guntungalaban dan Jalan Sekumpul.

Pantauan di Jalan Sekumpul, untuk jalan yang tergenang sekitar satu kilometer yakni dari perempatan Sekumpul terus sampai pasar Ridho, sampai ke ujung pertigaan Sekumpul. Tinggi genangan air antara 30 sampai 60 sentimeter.

Hujan deras terjadi sejak pukul 14.30 wita sampai pukul 16.00 wita, ditambah hingga petang diguyur gerimis berlanjut malam.

Tokoh masyarakat di Sekumpul, H Abdel Rahman mengharapkan agar rencana pembenahan Jalan Sekumpul bisa secepatnya direalisasikan. Terutama adalah rainasenya seperti yang sudah direncanakan oleh pemerintah daerah melalui Dinas PUPR Banjar.

Baca: 5 Manfaat Rahasia Buah Sukun untuk Kesehatan, Obati Diabetes, Kanker dan Sehat Jantung

Baca: Perusahaan Pembiayaan di Banjarmasin ini Gunakan Pihak Ketiga dalam Sistem Penagihan

Baca: Barabai Gelar Pameran dan Bazar Sejuta Buku, Catat Tanggal dan Lokasinya

Baca: Angin Kencang Bikin Atap Lantai SATU Q MALL Jatuh, Pengunjung Sempat Panik

“Tentunya pula masyarakat harus memperhatikan sampah dan adanya daerah resapan dan mengembangakan bio pori untuk menangkap air dan mengikatnya ditanah ataupun sistem yang baik untuk manampung air hujan,” katanya.

Lurah Sekumpul, Gusti Mahrusin membenarkan kawasan Sekumpul terjadi banjir genangan air. Dirinya mohon didoakan bersama-sama rekan di kelurahan bisa melobi warga yang belum berpartisipasi menata Jalan Sekumpul.

“Mudahan hati warga luluh dan mau beramal jariah bersama-sama menata Jalan Sekumpul dan drainasenya, karena kondisi ini sudah sangat memprihatinkan,” katanya.

Dia menjelaskan, partisipasi warga yakni untuk memberikan hak sempadan jalan, karena dari hasil kajian Detail Engeneering Design (DED) penataan drainase kawasan Sekumpul oleh tim, untuk Sekumpul yang ideal untuk penataan sepanjang dua kilometer.

“Itu adalah untuk membuka jalan yang ada saat ini menjadi 13 meter dan dilapangan rata-rata kiri kanan diminta tiga meter, namun variatif,” imbuhnya.

Gusti Mahrusin mengajak para warga selanjang Jalan Sekumpul dan ke depan Jalan Pendidikan, bersama membangun dan menata Sekumpul karena pemerintah sudah ada upaya kearah penataan kawasan Sekumpul.

Halaman
12
Penulis: Hasby
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved