Berita Banjarmasin

Petanque, Olahraga Unik Asal Perancis, Harga Bolanya Rp 4 Juta Tak Ada di Indonesia

PETANQUE yang dikenal sekarang ditemukan pada 1907 di Kota La Ciotat dekat Marseille, Perancis oleh pemain Lyonnise bernama Jule Boule Lenoir.

Petanque, Olahraga Unik Asal Perancis, Harga Bolanya Rp 4 Juta Tak Ada di Indonesia
Capture/Banjarmasin Post Edisi Cetak
Pertadingan Petanque 

BANJARMASINPOST.CO.ID - PETANQUE yang dikenal sekarang ditemukan pada 1907 di Kota La Ciotat dekat Marseille, Perancis oleh pemain Lyonnise bernama Jule Boule Lenoir.

Namun untuk pertama kali dikenal melalui sebuah turnamen pada 1910. Event tersebut diselenggarakan oleh Ernest saudara dan Josep Pitiot, pemiliki sebuah kafe di La Ciotat. Semenjak itulah, olahraga ini semakin dikenal luas oleh masyarakat Eropa dan dunia.

Organisasi tertinggi Petanque, Federation Internasionale de Petanque et Jelu, didirikan pada 1958 di Marseille. Adapun Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) baru didirikan pada 18 Maret 2011.

Dibandingkan negara tetangga, Indonesia tergolong terlambat mengenalkan olahraga ini. Thailand dan Malaysia memainkan olahraga ini lebih dari 40 tahun lalu. Di Indonesia, petanque memang kurang populer.

Baca: Kepengurusan Petanque di Kalsel Terbentuk 2017, Ini Aturan Permainan dan Perlengkapannya

Baca: Pertandingan Petanque Sampai Subuh, Hanya Membutuhkan Akurasi, Hujan Tetap Dilanjutkan

Baca: Olahraga Asal Perancis, Petanque : Olahraga Pertaruhan Harga Diri, Gunakan Bola Besi

Djufri Noor, yang merupakan manager atlet petanque Indonesia pada SEA Games 2015, mengatakan, satu alasan mengapa olahraga ini kurang populer di Indonesia adalah, karena bola berbahan metal yang digunakan tidak ada dijual di Indonesia dan harganya juga mahal.

“Harga bola petanque mahal, antara Rp 1- 4 juta. Membelinya pun harus ke Singapura atau Thailand, karena di sini belum ada yang menjual,” tutur dia beberapa waktu lalu. (steemit.com)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved