Berita Kalteng

Alur Sungai Kapuas Dangkal, Kapal Besar Tak Bisa Merapat ke Pelabuhan Batanjung

Pendangkalan alur Sungai Kapuas Kalimantan Tengah dari Pelabuhan Batanjung menuju muara sungai, yang menyebabkan kapal dengan tonase besar

Alur Sungai Kapuas Dangkal, Kapal Besar Tak Bisa Merapat ke Pelabuhan Batanjung
tribunkalteng.co/fathurahman
Kepala Dinas Perhubungan Kalteng, Ati Mulyati 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PALANGKARAYA - Pendangkalan alur Sungai Kapuas Kalimantan Tengah dari Pelabuhan Batanjung menuju muara sungai, yang menyebabkan kapal dengan tonase besar sulit mencapai pelabuhan bakal segera teratasi.

Meski pelabuhan Batanjung sudah selesai dikerjakan, namun kapal dengan tonase besar belum bisa masuk, lantaran terjadi pendangkalan alur sungai.

Bupati Kapuas, Ben Brahim S Bahat, dalam satu kegiatan di Palangkaraya mengungkapkan, pihaknya sangat berharap pelabuhan Batanjung bisa segera difungsikan agar aktivitas bongkar muat barang berjalan dengan baik.

"Pelabuhannya sudah selesai, tetapi yang jadi masalah untuk operasional pelabuhan masih terkendala alur sungai yang dangkal serta jalan menuju pelabuhan yang belum diperbaiki, kami sangat berharap jalan dan alur sungai bisa segera dibenahi," ujarnya.

Baca: VIDEO Viral Paul Fransiskus Cium Kaki Presiden Sudan Selatan di Vatikan, Ini Alasan Sebenarnya

Baca: Sikap Politik Gatot Nurmantyo Antara Jokowi & Prabowo di Pilpres 2019, Ungkap Hubungan Kedua Capres

Baca: Via Vallen Tertipu Anak Bule Saat di Pantai, Pedangdut Kesayangan Rhoma Irama Ini Kaget Bahasanya

Baca: Jam Tangan Rp 20,6 Miliar Syahrini Sebelum Nikahi Reino Barack Disorot, Cek Juga Jam Luna Maya

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kalteng, Ati Mulyati, Jumat (12/4/2019) mengungkapkan, pihaknya sudah melakukan rapat membahas rencana pengerukan alur sungai kapuas menuju pelabuhan Batanjung tersebut, diperlukan berbagai tahapan dalam upaya pengerukan alur yang mengalami pendangkalan.

"Sudah dilakukan rapat bersama sekda, dan instansi terkait lainnya, harus ada studi amdal, harus dilakukan pengkajian atau studi untuk menentukan titik dangkal alur dan pembentukan badan usaha pelabuhan, kemudian perusda akan menentukan pihak ketiga yang akan melakukan pengerukan, saat ini kami masih melakukan upaya proses untuk pengerukan tersebut," ujarnya.

banjarmasinpost.co.id /faturahman

Penulis: Fathurahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved