Ekonomi dan Bisnis

Bulog Kalsel dan Penyuplai Pastikan Stok Daging Beku Aman Selama Ramadan

Penyalur daging beku bekerjasama dengan Bulog dan Dinas Perdagangan dalam menjamin ketersediaan stok daging beku selama ramadan nanti.

Bulog Kalsel dan Penyuplai Pastikan Stok Daging Beku Aman Selama Ramadan
(banjarmasinpost.co.id/mariana)
┬áProses demonstrasi memasak menggunakan daging beku oleh tim penyuplai daging beku Banjarmasin, di Balai Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, Jumat (12/4/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Tingkat konsumsi daging beku, yakni daging kerbau beku yang dipasarkan Perum Bulog Divre Kalsel saat ini mencapai 200 kilogram per pekan.

Hal ini disampaikan tim penyuplai daging beku di Banjarmasin, H Aftahuddin dalam kegiatan sosialisasi daging beku, di Balai Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin, Jumat (12/4/2019).

"Saat ini stok daging beku yang tersedia merupakan kerbau yang di impor dari Australia. Perbedaan daging kerbau Australia dengan lokal yaitu daging kerbau Australia hidupnya di daratan sedangkan kerbau lokal umumnya di rawa-rawa, sehingga tekstur dagingnya berbeda lebih empuk, daging kerbau lokal berwarna kemerahan, daging kerbau Australia lebih menyerupai daging sapi," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Pria yang disapa Aftah, menyebutkan pihaknya bekerjasama dengan Bulog dan Dinas Perdagangan dalam menjamin ketersediaan stok daging beku selama ramadan nanti.

Baca: KPPN Pelaihari Sosialisasikan Kartu Kredit Pemerintah, Ini Kelebihannya

Baca: Bocoran Kematian di The Avengers Endgame Season 8, 6 Superhero Bakal Mati?

Baca: Pejabat Baru HST Diperkenalkan Bupati Saat Subuh Keliling

Harga daging kerbau beku tersebut dijamin kehalalannya karena sudah mendapatkan sertifikat halal, serta pada proses sembelihnya dibedakan untuk umat muslim dan non muslim.

"Harganya juga lebih terjangkau, kalau daging segar Rp 125.000 per kilo, daging beku hanya dibanderol Rp 85.000, untuk kualitas hampir sama, lebih higienis dan tahan lama," imbuh dia.

Harga yang cukup bersahabat diyakini Aftah dapat membantu masyarakat Banjarmasin untuk menikmat daging yang berkualitas, terutama saat ramadan. Daging beku tersebut sudah tersedia di Rumah Pangan Kita (RPK) milik Bulog dan sejumlah swalayan.

Namun, saat ini stok daging ayam beku belum tersedia. Pihak KPw Bank Indonesia Kalsel segera menyiapkan gudang pendingin (cold storage) untuk ayam beku.

Terpisah, Kepala Bulog Divre Kalsel, Akhmad Kholisun mengatakan, untuk persediaan selama April stok daging kerbau beku sebanyak 8.400 kg atau sekitar 8 ton.

Diakuinya serapan daging di awal 2019 ini cukup tinggi, sehingga pihaknya tidak dapat memprediksi pasokan daging yang ada di Kalsel dapat memenuhi satu bulan atau lebih.

Baca: Golden Tulip Galaxi Hotel Banjarmasin Siapkan Sajian Ala Maroko Selama Ramadan

Baca: Reaksi Tak Terduga Kekasih Gisella Anastasia, Wijaya Saputra Ditanya Mobil, Kartu Kredit Dari Mantan

"Selain kerbau, daging sapi beku juga kami sediakan namun masih kosong pasokannya. Untuk daging ayam beku masih belum tersedia, namun kami targetkan bisa komoditas daging ayam beku sudah siap sebelum bulan puasa," jelasnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Bulog bekerjasama dengan Bank Indonesia bersama Pemerintah Kota (Pemko) Banjarmasin untuk penyediaan ayam beku itu. Setelah adanya cold storage, Kholisun mengaku siap mengadakan pasokan daging ayam beku. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved