Berita Regional

Catat! Berkendara Sambil Merokok di Surabaya Bakal Ditilang, Resmi Diberlakukan Awal Mei 2019

Sosialisasi itu mulai dilakukan sejak 4 April 2019 lalu hingga sekarang. Upaya itu dilakukan agar warga Kota Surabaya mengetahui

Catat! Berkendara Sambil Merokok di Surabaya Bakal Ditilang, Resmi Diberlakukan Awal Mei 2019
Dishub Surabaya
Sejumlah petugas dari Dinas Perhubungan Kota Surabaya melakukan sosialisasi larangan merokok saat berkendara di depan Graha Wismilak, Surabaya, Selasa (9/4/2019).(Dishub Surabaya) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SURABAYA - Dinas Perhubungan Kota Surabaya sudah melakukan sosialisasi di sejumlah titik jalan tentang larangan merokok saat berkendara.

Sosialisasi itu mulai dilakukan sejak 4 April 2019 lalu hingga sekarang. Upaya itu dilakukan agar warga Kota Surabaya mengetahui adanya larangan merokok saat berkendara.

Selain itu, warga yang belum mengetahui adanya larangan merokok saat berkendara tidak kaget dengan aturan tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) resmi merilis aturan ojek online dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 12 Tahun 2019 tentang Perlindungan Keselamatan Pengguna Sepeda Motor.

Selain mengatur soal ketentuan operasional ojek online dan tarif, ada pula aturan lain yang menyebutkan bahwa pengemudi dilarang merokok saat mengendarai sepeda motor.

Baca: Head to Head Pilpres 2019 di Sumut, Ini Peluang Jokowi-Maruf dan Prabowo-Sandi, Siapa yang Kuat?

Baca: Buaya Peliharaan Ini Ditemukan Mati karena Dengar Musik, Terungkap Fakta Mengejutkan di Baliknya

Aturan ini tertulis dalam pasal 6 huruf (c) yang mengatakan, "Pengemudi dilarang merokok dan melakukan aktivitas lain yang mengganggu konsentrasi ketika sedang mengendarai sepeda motor".

Kepala Dinas Perhubungan Kota Surabaya Irvan Wahyudrajat mengatakan, sosialisasi larangan merokok saat berkendara terus dilakukan. Sehingga awal Mei 2019 bisa langsung dilakukan penindakan jika masih ada yang melanggar.

"Kalau di pusat sudah diberlakukan mulai 11 Maret 2019 kemarin. Jadi kalau sosialiasai satu bulan harusnya 11 April 2019 untuk angkutan online bisa ditindak," kata Irvan saat duhubungi Kompas.com, Kamis (11/4/2019).

"Tapi kalau kita kan baru tanggal 4 April 2019 kemarin soasialisasi, jadi ya awal Mei 2019 nanti akan dilakukan penindakan (untuk semua)," kata Irvan lagi.

Irvan menyatakan, dalam melakukan penindakan, Dishub Kota Surabaya akan menggelar patroli gabungan bersama pihak kepolisian dan TNI.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved