Pilpres 2019

Heboh Video Surat Suara Tercoblos Atas Nama Capres Ini di Malaysia, KPU Datangi Negara Jiran

Dua orang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) berangkat ke Malaysia, Kamis (11/4) malam.

Heboh Video Surat Suara Tercoblos Atas Nama Capres Ini di Malaysia, KPU Datangi Negara Jiran
via kompas.com
Tumpukan yang disebut berisi surat suara Pemilu 2019 tercoblos di Malaysia. Video temuan tersebut beredar di media sosial.(Istimewa) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, JAKARTA - Dua orang komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) berangkat ke Malaysia, Kamis (11/4) malam.

Kepergian Hasyim Asy’ari dan Ilham Saputra untuk mengecek polemik temuan surat suara Pemilu dan Pilpres 2019 yang tercoblos, sebagaimana tersebar melalui rekaman video.

Informasi yang beredar, suara itu untuk pasangan calon presiden Jokowi-Ma’ruf Amin dan sejumlah caleg antara lain atas nama Davin Kirana, anak Duta Besar RI untuk Malaysia Rusdi Kirana.

Terkait dugaan temuan ini, KPU meminta masyarakat lebih hati-hati karena informasinya belum tentu benar. Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) pun curiga informasi tersebut bohong alias hoaks. Polri pun telah turun tangan menyelidikinya.

“Melalui rapat pleno menugaskan Pak Hasyim Asy’ari dan Pak Ilham untuk ke Malaysia, malam ini. Besok Insya Allah bisa langsung diinformasikan,” kata Komisioner KPU Wahyu Setiawan, Kamis (11/4).

Baca: Nekat! Cari Korban Longsor Pumpung Pakai Tangan, Berikut Wawancara Ekslusif dengan Anggota Basarnas

Baca: Final Piala Presiden 2019 Arema FC Vs Persebaya - Singo Edan Diuntungkan, Persebaya Pincang

Informasi yang akurat dan dapat dipertanggungjawabkan itulah yang menjadi dasar bagi KPU untuk mengambil langkah berikutnya.

Narasi video yang beredar melalui aplikasi Whatsapp dan media sosial, memperlihatkan 57 kantong plastik warna hitam berisi surat suara Pemilu 2019 sudah tercoblos, tertumpuk dalam ruangan rumah toko (ruko) di kawasan Bandar Baru Bangi, Taman Universiti Bangi, Selangor, Malaysia.

Menurut video, surat suara pemilihan presiden sudah tercoblos untuk pasangan calon nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf, dan surat suara DPR RI tercoblos untuk caleg Partai Nasdem nomor urut 3 atas nama Ahmad.

Kemudian ada lagi video lainnya menunjukkan, surat suara sudah dicoblos untuk paslon yang sama yakni Jokowi-Ma’ruf. Pada surat suara calon anggota legislatif DPR RI, telah tercoblos caleg DPR RI Dapil DKI Jakarta II dari Partai Nasdem nomor urut 3 bernama Achmad dan nomor urut 2 Davin Kirana.

“Kami sudah melakukan penggerebekan di Bandar Baru Bangi di Universiti tempatnya. Barang-barang sudah dicoblos. Di Malaysia Selangor. Sudah dicoblos 01, Partai Nasdem nomor 5, calegnya nomor urut 3 namanya Ahmad. Kami harap KPU Indonesia membatalkan semua urusan tentang DPL Malaysia dari hari ini sampai tanggal 14. Kalau tidak kami akan duduki KBRI,” demikian potongan narasi videonya.

Halaman
12
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved