Ekonomi dan Bisnis

Jelang Pilpres, Seperti Ini Transaksi di Money Changer Banjarmasin

Menjelang pemilu, tidak berimbas secara signigikan terhadap aktivitas pertukaran uang atau money change di Banjarmasin.

Jelang Pilpres, Seperti Ini Transaksi di Money Changer Banjarmasin
Banjarmasinpost.co.id/mariana
Transaksi penukaran uang di Money Change Banjarmasin. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilihan Legislatif (Pileg) tinggal menghitung hari.

Menjelang penggunaan hak pilih bagi penentuan pemerintahan tersebut, tidak berimbas secara signigikan terhadap aktivitas pertukaran uang atau money change di Banjarmasin.

Di PT Haji La Tunrung AMC yang beralamat di Jalan MT Haryono misalnya, Banjarmasin ini tampak ramai dikunjungi dengan berbagai transaksi yang dilakukan.

Baca: Guru Khalil Semringah Dapat Smart Lamp, Begini Ujicobanya

Baca: Sikap Tak Terduga Sandiaga Uno Saat Tahu Ustadz Abdul Somad Dukung Prabowo di Pilpres 2019

Baca: Kisah Mulan Jameela Dibalik Postingan Maia Estianty, Sebut Istri Ahmad Dhani Nangis Karena Rambut

Baca: Kegeraman Istri AHY, Annisa Pohan ke Sosok Ini Ketika Rawat Ani Yudhoyono, Istri SBY di Singapura

Petugas money change PT Haji La Tunrung AMC, Ariana mengatakan, terjadinya pelemahan nilai tukar rupiah tidak mempengaruhi transaksi penukaran mata uang di tempatnya.

"Yang sering bertransaksi disini kebanyakan memang sudah langganan. Untuk berbagai keperluan, ada yang liburan, umrah, haji dan lain-lain. Para wisatawan dari luar negeri jua cukup ramai bertransaksi disini untuk menukarkan mata uangnya ke dalam rupiah, yang menjual rupiah ke dollar juga cukup banyak," ungkapnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Harga jual rupiah terhadap USD di PT Haji La Tunrung AMC Rp 14.365 sedangkan kurs beli beli Rp 14.016.
Dia menambahkan selain mata uang Paman Sam, yang juga ramai ditukarkan yakni mata uang dolar Singapura. Untuk Dollar Singapura harga jual Rp 10.536 dan harga beli Rp 10.256.

"Untuk transaksi jual dan beli, tergantung keperluan nasabah. Saat ini relatif seimbang saja jual dan beli, data yang masuk langsung kami kirim ke pusat sehingga presentase tidak bisa kami sampaikan," ujarnya.

Salah seorang nasabah yang bertransaksi, Abdullah mengatakan, dia kerap melakukan jual beli dolar. Transaksi tersebut diakuinya tidak bergantung pada nilai tukar rupiah.

"Karena untuk keperluan pribadi jadi saya kurang memperhatikan melemah atau menguatnya kurs rupiah, adanya Pilpres nanti juga setahu saya tidak mempengaruhi," kata dia.

Sementara itu, Di PT Riyal Valasindo Utama, di Jalan Mayjend Sutoyo S, Banjarmasin, transaksi penjualan atau pembelian dapat dikatakan stabil.

Customer Service PT Riyal Valasindo Utama, Eno mengatakan, tidak terdapat lonjakan transaksi walaupun selama sepekan yang lalu rupiah melemah.

"Untuk saat ini baik jual maupun beli relatif seimbang, walaulun suasana Pemilu. Kebanyakan yang melakukan transaksi, orang-orang yang memang membutuhkan sesuai keperluannya, jadi turun atau naiknya nilai tukar rupiah tidak terlalu berpengaruh," jelasnya.

Dikatakannya, untuk kurs jual dan beli sangat cepat perubahannya. Dan sebagian orang-orang yang bertransaksi tidak menunggu harga jual dan beli naik atau turun.

Baca: UNBK 2019, 12 Siswa SMPN 2 Loksado Bakal Menginap di Kandangan, 34 Sekolah Masih Menumpang

Baca: Riyandi Datang, Siapa Calon Kiper Utama Barito Putera Musim 2019

Menurutnya lagi, terkecuali pada sebagian orang yang memiliki tabungan dalam jumlah yang besar atau kolektor dollar, maka kemungkinan akan berpengaruh.

Kurs Rupiah terhadap mata uang USD untuk hari Jumat (12/4/2019) Rp 14.300. Harga beli Rp 13.900 dan jual Rp 14.225, sedangkan Dollar Singapura harga beli Rp 10.225 dan jual Rp 10.550. (Banjarmasinpost.co.id/Mariana)

Penulis: Mariana
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved