Berita Kabupaten Banjar

Hujan Deras, Pemukiman Kertakhanyar Terendam, Dinas Perkim Banjar Baru Inventarisir Masalah

Menanggapi kondisi itu, Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Banjar tahun ini belum bisa merealisasikan penataan permukikan di kawasan tersebut.

Hujan Deras, Pemukiman Kertakhanyar Terendam, Dinas Perkim Banjar Baru Inventarisir Masalah
HO/Camat Kertak Hanyar
Bamin Komsos Koramil 10 Kertakhanyar, Serma Fazakkir dibantu aparat desa, warga serta tokoh pemuda melakukan pengecekan ke lokasi banjir. 

BANJARMASINPOST.CO.ID,MARTAPURA — Hujan deras yang terjadi pada Jumat (12/4) sore membuat beberapa kawasan di Kertakhanyar Kabupaten Banjar terendam. Menanggapi kondisi itu, Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Banjar tahun ini belum bisa merealisasikan penataan permukikan di kawasan tersebut.

Diungkapkan Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman Kabupaten Banjar, Mursal bahwa tahun tidak tidak ada program untuk di Kecamatan Kertakhanyar. Dia mengakui, kawasan perumahan atau kawasan permukiman kumur perkotaan merupakan kewenangan dinas yang dipimpinnya.

“Kawasan perumahan atau kawasan permukiman kumuh perkotaan itu masuk kewenangan perkim, akan ditangani sesuai keadan di lapangan, kalau anggarannya ada,” katanya, Sabtu (13/4).

Baca: Siaran Langsung [Live Streaming] Debat Terakhir Pilpres 2019, Lagi Paslon 01 vs 02 Live Kompas TV

Baca: Video Live Streaming Debat Kelima Pilpres 2019 Jam 20.00 WIB, Live Kompas TV, TVOne, Survei Terakhir

Saat ini Dinas Perumahan dan Permukiman sedang menginventarisir kembali kawasan permukiman kumuh perkotaan di Kabupaten Banjar. Termasuk pula menginventarisir masalah.

Hujar deras yang terjadi pada Jumat (12/4) sore hingga malam menyebabkan beberapa kawasan di Kertakhanyar Kabupaten Banjar tergenang air. Ketinggian air diatas mata kaki orang dewasa.

Baca: Beberapa Kawasan Kertakhanyar Kabupaten Banjar Terendam, Camat Harapkan Segera Ada Penataan Kota

Beberapa lokasi yang tergenang banjir yakni Gang Biduri, Gang Sepakat, Gang Masa Abadi, Gang Mubtadi’in, Gang Ratuwangi, Gang Berunai, Gang Tempurung, Gang Kita. Gang Berkat Sadar, Gang Rahman, Gang Purnama, Gang Bunga Padi, Gang 17 Mei, Gang Serumpun, Gang Sri Rezeki, Gang Keladan Indah, Gang Hidayatullah, Gang Samiya, Gang Muslimin.

Bahkan kantor Kelurahan Kertakhanyar 1 juga tergenang air, beberapa pegawai kelurahan sudah mengamankan barang-barang berharga agar tidak basah atau terendam.

Bamin Komsos Koramil 10/Kertakhanyar, Serma Fazakkir dibantu aparat desa, warga serta tokoh pemuda melakukan pengecekan ke lokasi banjir. Kemudian memberikan arahan kepada warga untuk tetap hati-hati dan waspada terutama bahaya konsleting listrik, dikarenakan kondisi rumah yang terendam air.

Camat Kertakhanyar, Harun Alrasyid membenarkan daerahnya beberapa lokasi tergenang air. Kondisi ini menurutnya drainase kurang berfungsi, dan kawasan tersebut telah masuk program penataan kota dari Dinas Perumahan dan Pemukiman Kabupaten Banjar.

“Diharapkan program penataan kota itu segera direalisasi dan masyarakat agar menjaga kebersihn lingkungnnya untuk tidak buang sampah yang bisa menghambat kelancaran aliran air jika hujan, tentunya dengan bergotongroyong,” katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Penulis: Hasby
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved