Berita Banjarmasin

Juknis BOS Masih Dipertanyakan, Dewan Kota Banjarmasin Merencanakan ini

DPRD Kota Banjarmasin, berencana mempertanyakan Petunjuk Teknis (Juknis) No.3 tahun 2019 yang terbit Maret silam tentang penggunaan dana bantuan

Juknis BOS Masih Dipertanyakan, Dewan Kota Banjarmasin Merencanakan ini
BPost Cetak
Blitz edisi cetak Sabtu (13/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - DPRD Kota Banjarmasin, berencana mempertanyakan Petunjuk Teknis (Juknis) No.3 tahun 2019 yang terbit Maret silam tentang penggunaan dana bantuan operasional sekolah (BOS) dari kementerian pendidikan yang melarang biaya makan dan minum harian di sekolah jenjang SD dan SMP dianggarkan dari dana BOS.

“Iya kita berencana mempertanyakan ke Kementerian Pendidikan soal kontroversi keluarnya Juknis No.3 tahun 2019 tersebut,” kata Wakil Ketua Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, Zainal Hakim.

Menurut Zainal, masalah keluarnya juknis itu sudah dipertanyakan ke dinas pendidikan saat rapat LKPJ dengan Dinas Pendidikan Banjarmasin, Kamis (11/4).

Segala sesuatunya, apakah itu dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS), apakah itu dana Dana Alokasi Khusus (DAK) yang berkaitan dana APBN ke daerah itu harus mengikuti juknis.

Baca: Bukan Dokter, Pengakuan Gading Marten Tentang Citra Juvita, Mantan Gisella Anastasia Beberkan Ini

Baca: Veronica Tan Akhirnya Menyapa Usai Kabar Pernikahan Ahok Alias BTP dengan Puput Nastiti Devi

Baca: Kisah Penghuni Panti Rehabilitasi Pecandu Narkoba Lentera Hati, Ada yang Masukkan Kucing ke Kulkas

Baca: Sosok Gaib yang Sering Menangis di Rumah Anang-Ashanty, Meninggal Saat Hamil Muda, Bikin PRT Kabur

“Persoalannya sekarang, dalam Juknis No.3 tahun 2019 yang terbit Maret ini tak tercantum dana makan dan minum harian sekolah,” katanya.

Dipaparkannya, masalah ini akan menjadi catatan Komisi IV DPRD Kota Banjarmasin, untuk dipertanyakan ke Kementerian Pendidikan di Jakarta.

Dana APBN baik BOS atau DAK, maka dinas pendidikan pun tak bisa mengambil kebijaksanaan.

“Kalau dinas pendidikan memberikan kebijaksanaan terkait larangan makan dan minum harian sekolah tidak boleh diambil dari dana BOS itu jelas akan salah,” katanya.

Dewan, sambungnya, ingin Juknis No.3 tahun 2019 dikembalikan seperti semula karena ini merupakan kebijakan nasional.

Pihaknya akan mencari celah yang bisa meringankan ribuan guru PNS dan non-PNS di Banjarmasin yang saat ini tidak diperbolehkan mengambil dana BOS untuk keperluan makan dan minum harian sekolah.

Halaman
12
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved