Pemilu 2019

KPU Kalsel : Formulir C6 Merupakan Undangan Formal untuk Mencoblos dan Bukan Sebagai Syarat Baku

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tegaskan formulir C6 bukan menjadi syarat baku untuk salurkan hak pilih di TPS

KPU Kalsel : Formulir C6 Merupakan Undangan Formal untuk Mencoblos dan Bukan Sebagai Syarat Baku
istimewa_rumah pemilu
Formulir C6 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) tegaskan formulir C6 bukan menjadi syarat baku untuk salurkan hak pilih di TPS pada Rabu (17/4/2019).

Artinya walaupun tidak membawa atau belum menerima formulir C6, Pemilih yang sudah terdaftar dalam DPT tetap bisa salurkan hak pilihnya dengan menunjukkan KTP Elektronik pada petugas KPPS.

Dijelaskan Komisioner KPU Provinsi Kalsel, Hatmiati, formulir C6 sebenarnya merupakan undangan formal bagi setiap Pemilih yang terdaftar pada DPT.

Dimana Petugas KPPS juga nantinya akan tetap mencocokkan data diri Pemilih dengan data yang terdapat dalam DPT di setiap TPS.

Formulir C6 memang seharusnya sudah diterima oleh Pemilih paling lambat tiga hari sebelum Hari H pencoblosan Pemilu Rabu (17/4/2019).

"Paling lambat besok, sebagian besar sudah terdistribusi," kata Hatmiati saat dikonfirmasi Banjarmasinpost.co.id, Sabtu (13/4/2019).

Baca: VIDEO Live Streaming MotoGP Americas 2019 Latihan Bebas 3 & Kualifikasi Malam Ini, Live Race Trans7

Baca: Hujan Es Landa Kebupaten Tanahlaut, Ini Penjelasan BMKG Syamsuddin Noor Banjarbaru

Baca: Race di Trans 7! Live Streaming Free Practice & Kualifikasi MotoGP Amerika 2019 Seri 3 MotoGP 2019

Mekanisme distribusi formulir C6 menurut Hatmiati ditangani oleh petugas KPPS di masing-masing area baik untuk mengisi data dalam formulir maupun distribusinya kepada Pemilih.

Namun Ia menyatakan, kegiatan pengisian data oleh petugas KPPS juga bisa dibantu oleh Ketua RT setempat untuk setelahnya didistribusikan. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Didik Trio
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved