PIlpres 2019

Polisi Malaysia Periksa Surat Suara PIlpres 2019 yang Diduga Sudah Tercoblos

Ruko tempat ditemukannya surat suara Pemilu 2019 yang tercoblos dibuka kepolisian Selangor, Malaysia, Jumat (12/4), garis polisi masih terpasang.

Polisi Malaysia Periksa Surat Suara PIlpres 2019 yang Diduga Sudah Tercoblos
ISTIMEWA
Petugas panwas dan relawan saat melakukan penggerebekan surat suara yang diduga sudah tercoblos di kawasan Selangor, Malaysia, Kamis (11/4/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, SELANGOR - Rumah toko (ruko) tempat ditemukannya surat suara Pemilu 2019 yang tercoblos dibuka kepolisian Selangor, Malaysia, Jumat (12/4). Di depan ruko, garis polisi masih terpasang.

Tampak dua polisi berjaga di depan ruko di Lot Kedai Jalan Aman Utama, Seksyen 2/16, Kajang Utama, Kajang, Selangor. Selain di lokasi ini, temuan surat suara tercoblos berada di kawasan Bandar Baru Bangi.

Belum ada keterangan dari kepolisian Malaysia mengenai aktivitas yang dilakukan. Dikutip dari The Star, Kepala Kepolisian Selangor, Malaysia, mengonfirmasi adanya laporan polisi dari dua WNI mengenai temuan surat suara tercoblos.

Sementara itu, komisioner KPU Hasyim Asyari dan Ilham Saputra serta anggota Bawaslu Ratna Dewi Pettalolo ikut memantau pembukaan ruko dari kejauhan. Hingga saat ini mereka belum diizinkan polisi Malaysia memasuki ruko.

KPU, Bawaslu dan Panitia Pemilihan Luar Negeri (PPLN) sudah melakukan pertemuan di KBRI Kuala Lumpur. KPU dan Bawaslu masih mengumpulkan data-data atas temuan surat suara tercoblos. Rencananya, penjelasan hasil investigasi dilakukan pada Sabtu (13/4/2019).

Baca: VIRAL Surat Suara Dicoblos di Malaysia, Partai NasDem Merasa Dirugikan & Bongkar Sejumlah Fakta Ini

Baca: Nasdem Kirim Orang Cek Kebenaran Surat Suara Tercoblos di Malaysia, Kronologi Temuan Versi Panwaslu

Baca: Heboh Video Surat Suara Tercoblos Atas Nama Capres Ini di Malaysia, KPU Datangi Negara Jiran

Komisioner KPU RI Viryan Azis menegaskan pihaknya tak akan mentolerir segala bentuk kecurangan dalam Pemilu 2019. Ia memastikan KPU bersama Bawaslu dan Polri akan mengungkap kebenaran peristiwa dari video tersebut. Viryan menyatakan pihaknya berhati-hati dalam menelusuri kasus ini. Sebab, berkaca dari kasus-kasus terdahulu, hasil penelusuran suatu isu ternyata tidak terbukti.

Ia pun menegaskan, pihaknya tidak ingin mengambilan kesimpulan dini meski Bawaslu RI sudah menerima laporan langsung dari jajaran Panwaslu luar negeri yang menyatakan surat suara tersebut asli . Mereka akan mengecek kembali keaslian, sumber, hingga ada atau tidaknya prosedur yang dilanggar dalam distribusi surat suara tersebut.

Tumpukan yang disebut berisi surat suara Pemilu 2019 tercoblos di Malaysia. Video temuan tersebut beredar di media sosial.(Istimewa)
Tumpukan yang disebut berisi surat suara Pemilu 2019 tercoblos di Malaysia. Video temuan tersebut beredar di media sosial.(Istimewa) (via kompas.com)

Viryan menjelaskan, ada tiga metode pemungutan suara untuk pemilu di luar negeri. Yakni melalui Kotak Suara Keliling (KSK), pencoblosan di TPS, dan pengiriman lewat jalur pos ke alamat pemilih.

Seluruh surat suara pemilu terlebih dulu disimpan di kantor Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Malaysia sebelum distribusikan dengan ketiga metode tersebut. “Di kantor KBRI selama ini. Tempat penyimpanan resmi di KBRI,” ujar Viryan. (dtc/tribun network/yud//an/coz)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved