Pemilu 2019

Bawaslu: Masyarakat Awasi dan Bisa Laporkan Praktik Politik Uang

Masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 dimulai hari ini, Minggu (14/4/2019) hingga nanti hari H pencoblosan pada Rabu (17/4/2019).

Bawaslu: Masyarakat Awasi dan Bisa Laporkan Praktik Politik Uang
banjarmasinpost.co.id/acm
Erna Kasypiah, Ketua Bawaslu Kalsel 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Masa tenang Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019 dimulai hari ini, Minggu (14/4/2019) hingga nanti hari H pencoblosan pada Rabu (17/4/2019).

Masa tenang yang berdekatan dengan hari pencoblosan juga merupakan masa yang rawan terjadinya praktek politik uang.

Karena itu, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) termasuk Bawaslu Provinsi Kalimantan semakin intensif lakukan pengawasan terhadap potensi terjadinya praktik politik uang.

Ketua Bawaslu Provinsi Kalsel, Erna Kasypiah menjelaskan, pihaknya akan lakukan patroli dengan sasaran pelanggaran Pemilu khususnya terkait praktik politik uang.

Patroli tersebut akan dilaksanakan di semua Kabupaten/Kota di Kalsel baik dilakukan terang-terangan maupun secara diam-diam oleh Pengawas baik oleh Pengawas tingkat Provinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan maupun Kelurahan/Desa.

Baca: Annisa Pohan, AHY Buru-Buru ke Singapura Usai Ditelepon Dokter yang Merawat Ani Yudhoyono, Istri SBY

Baca: Alasan Nikita Mirzani Berani Julid ke Syahrini & Reino Barack Diungkap Denny Darko

Baca: Bukan Politik, Project Baru Veronica Tan Usai Bungkam Kala Ahok Alias BTP Nikahi Puput Nastiti Devi

Baca: Ayu Ting Ting Pulang Umrah Langsung Temui Pria Turki Ganteng, Bukan Shaheer Sheikh dan Ivan Gunawan

"Kami harap dengan adanya patroli ini bisa tekan praktik politik uang di Pemilu 2019 apalagi mendekati hari H di masa tenang ini," kata Erna.

Tak hanya dari pihaknya, Erna juga mengharapkan peran proaktif masyarakat untuk ikut mengawasi adanya praktik politik uang di lingkungannya masing-masing.

Bawaslu memberikan dua alternatif bagi masyarakat untuk beritahukan adanya indikasi politik uang yaitu melalui laporan resmi dan melalui pengaduan yang akan ditindaklanjuti Bawaslu sebagai informasi awal.

Jika memilih menyampaikan pengaduan dan ditindaklanjuti Bawaslu sebagai laporan awal, maka identitas pengadu akan dirahasiakan dan tidak dibuka untuk umum.

Sehingga dengan cara ini, Bawaslu Provinsi Kalsel masyarakat tak tinggal diam jika mendapati adanya praktik politik uang.

Pada masa tenang ini, Bawaslu Provinsi Kalsel tak hanya mengimbau peserta Pemilu dan tim kampanye tapi juga penyelenggara Pemilu termasuk Pemerintah Daerah untuk sama-sama menghormati aturan-aturan di masa tenang.

"Untuk penyelenggara fokus lakukan persiapan jelang proses pungut hitung nanti dan Pemerintah Daerah kami harapkan bisa menciptakan suasana aman dan kondusif agar masyarakat tak tertekan untuk laksanakan penyaluran hak suaranya," kata Erna.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved