Kronika

Minggu Tenang

Minggu tenang harus diwarnai dengan suasana yang damai, mawas diri dan berfikir panjang agar tak salah dalam melaksanakan kewajiban 17 April mendatang

Minggu Tenang
Grafis tribun wow
Video Live Streaming Debat Kelima atau Pamungkas Pilpres 2019, ditayangkan Sabtu (13/4/2019) malam pukul 20.00 WIB. 

Oleh: Pramono BS

BANJARMASINPOST.CO.ID - HIRUK pikuk kampanye sudah selesai. Mulai dari capres, cawapres sampai caleg semua sudah menunjukkan jati dirinya. Harus diakui kampanya capres/cawapres adalah yang paling heboh, menarik perhatian massa sampai pembuat hoaks.

Baik pasangan capres/cawapres nomor urut 01 maupun 02 sudah menjelajah negeri, menyampaikan program. Prabowo berapi-api mengritik pemerintah, Jokowi dengan kalem membalas lewat hasil karya selama menjabat. Prabowo selalu tampil dengan nada tinggi, sampai menggebrak-gebrak podium, Jokowi membalas dengan datar saja.

Kalau dikalkulasi cukup seimbang, pengerahan massa hari terakhir kampanye Jokowi yang memutihkan Stadion Utama Gelora Bung Karno, seolah menjawab tantangan Prabowo pada beberapa hari sebelumnya di tempat yang sama yang menampakkan pemandangan serbaputih oleh sorban para pendukungnya.

Bedanya, Prabowo melakukannya sejak subuh dan Jokowi bakda dhuhur.

Pendeknya cukup seimbang, panitia cukup adil memberi kesempatan yang sama pada ke dua pihak.
Lantas siapa kira-kra yang bakal menang. Kalau hasil survei masih memenangkan Jokowi/Ma'ruf tapi ini bukan ukuran. Yang bakal jadi tentunya yang memang pantas menjadi pemimpin. Dari kedua calon sudah bisa dibayangkan bakal seperti apa mereka mengendalikan republik ini seandainya menang.

Kecuali dari sikap yang bersangkutan, para pendukung seperti parpol maupun ormas tentunya akan ikut mewarnai dalam pengambilan keputusan. Jadi apa warna pemerintahannya bisa dibayangkan. Sebagai bangsa kita harus menjaga keutuhan NKRI dengan Pancasilanya. Ideologi di luar itu harus dibuang jauh-jauh.

Kalau Jokowi yang menang sepertinya tidak akan banyak perubahan kecuali pada penekanan program setelah pada periode sebelumnya menggenjot infrastruktur habis-habisan. Kalau Prabowo yang menang, sesuai dengan kampanyenya, dia menjanjikan banyak perubahan. Seperti akan menurunkan harga barang kebutuhan pokok dalam 100 hari pertama khususnya daging. Tarif listrik bahkan akan turun 20 persen sebelum 100 hari kerja.

Masih banyak lagi, seperti Indonesia tidak akan impor pangan lagi, bakal adil makmur, tidak ada korupsi dan lain-lain janji manis. Calon-calon menterinya juga sudah disiapkan.

***

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved