Berita Banjar

Rencana Relokasi Perkantoran Banjar Mandeg, Kadis PUPR Bilang Begini

Rencana relokasi perkantoran di lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar yang dikenal dengan Martapura Jadid atau Martapura Baru terkesan mandeg.

Rencana Relokasi Perkantoran Banjar Mandeg, Kadis PUPR Bilang Begini
banjarmasinpost.co.id/roy
Eks kantor Pengadilan Agama Banjar ini cukup lama mangkrak. Bangunan ini telah dihibahkan ke Pemkab Banjar dan selanjutnya akan digunakan untuk kantor SKPD di lingkup Pemkab Banjar. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA -  Rencana relokasi perkantoran di lingkup Pemerintah Kabupaten Banjar yang dikenal dengan Martapura Jadid atau Martapura Baru yang diprogramkan oleh pemerintahan sebelumnya sejak beberapa tahun silam, kini terkesan mandeg.

Padahal kondisi sejumlah perkantoran yang ada saat ini tak representatif. Contohnya kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Banjar yang berada di Jalan Batuah, Martapura.

Area lahannya sempit sehingga nyaris tak memiliki halaman. Sekadar memarkir mobil operasional pun tak bisa karena halaman depan yang ada digunakan untuk parkit roda dua masyarakat yang mengurus arministrasi kependudukan.

Baca: Kekhawatiran Ibunda Ayu Ting Ting Usai Temui Pria Turki, Selain Shaheer Sheikh dan Ivan Gunawan

Baca: Sifat Asli Vanessa Angel Saat Proses Hukum Prostitusi Online Diungkap Sosok Ini, Tak Bibi Ardiansyah

Baca: Gadis 17 Tahun di Bunaken Ini Terluka  Ditikam  Pacar Sendiri,  Begini Faktanya Versi Polisi

Baca: Hujan Es Pertama di Kunyit, Begini Warga Menanggapinya

Itu pun cuma mampu menampung sekitar 30 unit kendaraan roda dua. Selebihnya, warga terpaksa memarkir kendaraan di depan warung atau di bahu jalan pada beberapa orang penyedia jasa parkir setempat.

Bahkan tak kalah ironis, hingga sekarang Dinas Pertanahan Banjar belum memiliki gedung kantor sendiri. Selama ini mereka menyewa ruko di Jalan Sekumpul Ujung yang areanya juga tak luas.

Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar, Mokhammad Hilman.
Kepala Dinas PUPR Kabupaten Banjar, Mokhammad Hilman. (Isti Rohayanti)

Mengenai hal itu, Kepala Dinas Pekerjaa Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Banjar, Mochammad Hilman, mengatakan sepengetahuan dirinya relokasi perkantoran tersebut tak masuk pada program strategis hingga 2021.

Ia menuturkan pelaksanaan arah pembangunan di Bumi Barakat dilandasi mekanisme perencanaan yang arah dan indikator pencapaiannya berdasarkan dokumen RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kabupaten Banjar 2016-2021.

"Berkaitan dengan hal itu, sepengetahuan kami, pada RPJMD tidak tercantum program sampai kegiatan pada misi yang dilaksanakan Pemkab Banjar mengenai relokasi perkantoran," tandasnya,Minggu (14/04/2019).

Menurutnya hal tersebut lebih tepat bisa ditanyakan Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Banjar.

"Dinas PUPR adalah SOPD teknis yg mewujudkan perencanaan di bidang infrastruktur ke-PU-an," tegas Hilman.

Galuh Tantri Narindra, Kepala Bapelitbangda Banjar
Galuh Tantri Narindra, Kepala Bapelitbangda Banjar (banjarmasinpost.co.id/idda royani)
Halaman
12
Penulis: Idda Royani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved