Berita HSS

Wabup HSS Minta Panitia dan Peserta Napak Tilas Gubernur Tentara ALRI Tetap Laksanakan ini

Pelaksanaan kegiatan Napak Tilas Luran Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan dilaksanakan sebelum Ramadan yaitu 29 April

Wabup HSS Minta Panitia dan Peserta Napak Tilas Gubernur Tentara ALRI Tetap Laksanakan ini
Dokumen BPOST/Aprianto
Kegiatan napak tilas luran teks proklamasi Gubernur Tentara ALRI Pertahanan IV Kalimantan tahun 2017 lalu. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Pelaksanaan kegiatan Napak Tilas Luran Teks Proklamasi Gubernur Tentara ALRI Divisi IV Kalimantan dilaksanakan sebelum Ramadan yaitu 29 April sampai 2 Mei mendatang.

Wakil Bupati HSS yang juga Ketua DHC Badan Pengurus Pembudayaan Kejuangan 45 HSS dan penanggungjawab kegiatan tersebut memberikan arahan pada rapat di pendopo Kabupaten, Sabtu 13 April 2019 kemarin mengingatkan beberapa hal terkait pelaksanaan kegiatan tersebut.‎

Antara lain agar panitia maupun peserta tetap mengingat waktu salat lima waktu dan melaksanakannya ketika kegiatan tersebut.
"Ini hal utama yang harus kita perhatikan baik bagi peserta maupun panitia. Sebab para pahlawan kita, khususnya para pejuang ALRI Divisi IV Pertahanan Kalimantan telah memberikan teladan terkait ibadah yang tak pernah mereka lupakan sekalipun di tengah medan perang dan di tengah kesulitan dan keterbatasan," kata Wabup.

Syamsuri pun mengajak agar napak tilas diikuti berbagai pihak dan elemen berbagai organisasi di Kabupaten HSS, dalam rangka menyukseskan kegiatan tersebut.

Bahkan, dia meminta lambang-lambang OKP dan organisasi Sosial kemasyarakatan di HSS yang tergabung dalam kepanitiaan ditampilkan di baliho-baliho, spanduk, buku panduan dan hal lainnya yang memungkinkan ditampilkan.

Baca: Respons Tak Terduga Gisella Anastasia Pada Isu Gading Marten dan Citra Juvita, Sebut Ayah Gempita

Baca: Keinginan Angela Lee Ikuti Gaya Hubungan Syahrini & Reino Barack, Sebut Sindiran Luna Maya?

Baca: Tak Mau Kalah Dari Ammar Zoni & Irish Bella, Sang Mantan Rezky Aditya Juga Siap Menikah

Baca: Beda Postingan Maia Estianty & Mulan Jameela di Pilpres 2019, Istri Ahmad Dhani Posting Prabowo UAS

Di Indonesia, Kalimantan melaksanakan Proklamasi setelah 17 Agustus 1945, karena saat perjanjian Linggarjati tidak diakui Belanda sebagai bagian dari NKRI.

Oleh pejuang dan para pendiri negeri ini, diutus Brigjen Hasan Basri untuk memproklamasikan Kalimantan bergabung dengan NKRI.

Dan 17 Mei 1949 merupakan moment sejarah lahirnya teks proklamasi Gubernur Tentara ALRI pertahanan Kalimantan yang menjadi kekuatan lokal.

Menurut Syamsuri hal tersebut sangat penting diketahui masyarakat yang diperkirakan masih banyak yang belum mengetahui sejarah tersebut.

Oleh karena itu, napak tilas pun relevan diselenggarakan tiap Mei, dalam rangka mengeksplore sejarah bergabungnya Kalimantan dengan NKRI tersebut.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved