Saraba Kawa

Bupati Anang Minta Warga Ikut Bantu Kesuksesan Pemilu 2019

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani mengatakan Pemerintah Daerah Kabupaten mendukung penuh dalam upaya menciptakan Pemilu yang damai dan sejuk.

Bupati Anang Minta Warga Ikut Bantu Kesuksesan Pemilu 2019
HO/Diskominfo Tabalong
Polres Tabalong menggelar Apel pergeseran pasukan (Serpa) pengamanan distribusi logistok Pemilu ke TPS. Apel operasi Mantap Brata 2018 digelar di Halaman Pendopo, Senin (15/4/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, TANJUNG - Polres Tabalong menggelar Apel pergeseran pasukan (Serpa) pengamanan distribusi logistok Pemilu ke TPS. Apel operasi Mantap Brata 2018 digelar di Halaman Pendopo, Senin (15/04/2019).

Kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Bupati Tabalong Anang Syakhfiani, Pemerintah Daerah Kabupaten mendukung penuh dalam upaya menciptakan Pemilu yang damai dan sejuk. Anang mengatakan Kesuksesan Pemilu bisa diwujudkan dengan adanya kerjasama dari seluruh pihak.

"Seluruh lapisan masyarakat dari tingkat bawah hingga atas satukan tujuan untuk menciptakan Pamilu yang kondusif, warga jika melihat adanya pelanggaran bisa aktif dengan melaporkan pelanggaran tersebut," ujarnya.

Polres Tabalong menggelar Apel pergeseran pasukan (Serpa), yang dihadiri Bupati Tabalong Anang Syakhfinai, Senin (15/4/2019)
Polres Tabalong menggelar Apel pergeseran pasukan (Serpa), yang dihadiri Bupati Tabalong Anang Syakhfinai, Senin (15/4/2019) (HO/Diskominfo Tabalong)

Anang menambahkan dirinya telah mengikuti simulasi pemilihan umum, dan memang salahsatu kesulitan adalah melipat kembali surat suara yang telah dibuka.

"Berharap semoga tidak ada kendala dan kesulitan agar prosesnya sesuai dengan yang dijadwalkan yaitu selesai pada pukul 13.00 wita," ujarnya.

Bagi warga yang melihat adanya pelanggaran Pemilu bisa langsung melaporkan ke aparat hukum atau Bawaslu yang ada di perwakilan tempat pemungutan suara. Dengan dukungan yang diberikan hingga ke tingkat warga untuk mewujudkan kedamaian dalam Pemilu jelas akan menciptakan kondisi yang aman dan damai.

Polres Tabalong menggelar Apel pergeseran pasukan (Serpa) di Tanjung Tabalong, Senin (15/4/2019).
Polres Tabalong menggelar Apel pergeseran pasukan (Serpa) di Tanjung Tabalong, Senin (15/4/2019). (HO/Diskominfo Tabalong)

Terpisah Kapolres Tabalong AKBP Hardiono SIK mengatakan Polres Tabalong menerjunkan 363 anggota untuk menjaga tiap TPS dan 73 anggota dari Polda Kalsel. Untuk Lokasi yang terkategori rawan karena jarak tempuh yang sulit sudah dilakukan distribusi logistik lebih awal karena membutuhkan waktu yang lebih lama.

"Ada 16 TPS yang terkategori rawan karena letaknya jauh, 12 TPS berada di Kecamatan Bintang Ara dan empat di Kecamatan Muara Uya Tepatnya di Desa Salikung," ujarnya. Empat hingga lima TPS dijaga oleh dua orang anggota untuk yang terkategori tidak rawan, sedangkan untuk TPS rawan dijaga oleh dua orang anggota kepolisian setiap TPS nya.

Polres Tabalong menggelar Apel pergeseran pasukan (Serpa), Senin (15/4/2019)
Polres Tabalong menggelar Apel pergeseran pasukan (Serpa), Senin (15/4/2019) (HO/Diskominfo Tabalong)

"Pendistribusian logistik di daerah rawan dimulai lebih awal menggunakan kendaraan roda dua, dan memerlukan waktu sekitar delapan jam perjalanan karena medan yang dilalui cukup berat," ujarnya.

Kodim 1008/Tanjung juga menurunkan 180 anggota untuk membantu pengamanan di TPS, Kegiatan ini diikuti leh seluruh oleh unsur Muspida, Kejaksaan Negeri Tabalong, Pengadilan Negeri Tabalong, DPRD Tabalong, KPU, Bawaslu dan seluruh unsur terkait. (*/aol)

Penulis: Reni Kurnia Wati
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved