Berita HSS

Jebolan SMK/SMA di HSS Ikuti Pelatihan Kerja ke Bekasi, Lulusan Terbaik Berpeluang Langsung Bekerja

Sebanyak 22 orang lulusan SMK/SMA di Hulu Sungai Selatan (HSS) mendapat kesempatan mengikuti pelatihan kerja di ‎Kota Bekasi.

Jebolan SMK/SMA di HSS Ikuti Pelatihan Kerja ke Bekasi, Lulusan Terbaik Berpeluang Langsung Bekerja
Banjarmasinpost/hanani
Peserta pelatihan kerja di Bekasi, dari HSS yang bakal diberangkatkan ke Bekasi dan peserta pelatihan kerja dan magang di PT SAM, mendapat pengarahan dari Bupati HSS sebelum diberangkatkan, Senin (15/4/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN- Sebanyak 22 orang lulusan SMK/SMA di Hulu Sungai Selatan (HSS) mendapat kesempatan mengikuti pelatihan kerja di ‎Kota Bekasi, selama 40 hari di Balai Latihan Kerja (BLK) setempat.

Mereka yang diberangkatkan tersebut, merupakan hasil seleksi dari Bidang Tenaga Kerja, Dinas Tenaga Kerja, Koperasi, Usaha Kecil dan Perindustrian HSS. Mereka diberangkatkan dua tahap, yaitu 19 April 2019 dan tahap kedua 22 Juni Juni 2019 mendatang.

Selain 22 orang, ada 10 orang lagi yang mendapatkan kesempatan pelatihan kerja di PT SAM, sebuah perusahaan perkebunan kelapa sawit selama satu bulan, plus magang selama empat bulan.

Baca: Puluhan Napi Lapas Narkotika Telah Rekam KTP-EL Tak Bisa Nyoblos, Ini Kata Dukcapil Banjar

Baca: Bandingkan Syahrini yang Dinikahi Reino Barack & 5 Istri Bos Pertelevisian Lain, Ada Nia Ramadhani

Baca: Jembatan Bulurejo-Sukadamai Kembali Rusak, Ditengarai Akibat Angkutan Berat

Peserta yang pelatihan dan magang diperusahaan tersebut dibiayai oleh Pemprov Kalsel Melalui program ketenagakerjaan.

"Mereka yang lulus, juga setelah melalui seleksi Dinas Tenaga Kerja kabupaten,"kata Kepala Disnakerkop UKP, Sasmi Rifani, didampingi Kasi Peningkatan Kuatlitas dan Produktifitas Kerja, Yogi Nardianto Senin (14/4/2019) usai pelepasan peserta pelatihan kerja di Aula Rakat Mufakat.

Pelepasan tersebut juga dihadiri Bupati HSS H Achmad Fikry. Adapun pelatihan kerjnya meliputi proses produksi untuk 10 orang di perusahaan sawit PT SAM di Desa Bajayau Kecamatan Daha Barat, HSS di mulai 22 April.

Selebihnya empat bulan mereka berstatus magang. Baik yang di Bekasi maupun di Perusahaan sawit, peserta tak dipungut biaya.

"Kalau di PT SAM dibiayai Pemprov Kalsel, melaui Dinas Tenaga Kerja Kalsel, untuk yang di Bekasi hampir 100 persen atas biaya BLK Bekasi,"kata Sasmi.

Mereka yang mendapat pelatihan kerja tersebut, bakal mendapat sertifikat berstandar nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi.

Adapun mereka yang mengikuti pelatihan kerja di Bekasi, bakal dibekali pelatihan teknik informasi komunikasi bidang desain grafis sebanyak empat orang, Teknik Elektronika operator otomatisasi elektonik indutri delapan orang, teknik telepn seluler empat orang, bidang pariwisata empat orang dan bidang kuliner pembuatan roti dua orang.

Menurut Sasmi, selain pemberian keterampilan di masing-masing bidang, program pelatihan kerja juga bertujuan mengatasi pengangguran terbuka, dimana di HSS masih ada 2,2 persen pengangguran terbuka dari jumlah penduduk di HSS.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved