Berita Banjarbaru

NEWSVIDEO : Pengrajin Purun Masih Bertahan di Zaman Modern

Teriknya mentari siang itu tak menghalangi Faridah (40), pengrajin Purun di Kampung Purun Banjarbaru turun ke rawa untuk mencari purun.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARBARU - Teriknya mentari siang itu tak menghalangi Faridah (40), pengrajin Purun di Kampung Purun Banjarbaru turun ke rawa untuk mencari tumbuhan purun.

Wanita paruh baya ini masih tampak gigih mencari tumbuhan purun di belakang rumahnya di RT 6, Kelurahan Palm, Kecamatan Cempaka Banjarbaru, Rabu (10/4/2019).

Perlahan dan tampak hati-hati kaki telanjangnya menapaki rawa, sementara tangannya satu persatu mecabuti tumbuhan yang disebut Purun.

Baca: Meski Setuju Membongkar Bangunan, Warga Rantauandarat Tetap Ajukan Banding Ganti Rugi 

Baca: Gading Marten Dibuat Terdiam Saat Gempita Bertanya, Kondisi Pilu Putri Gisella Anastasia

Baca: Sebanyak 298 personil TNI Polri di Banjarbaru digeser ke TPS, Hujan dan Penerangan Jadi Ancaman

Setelah terkumpul cukup banyak, purun yang sudah dikumpulkan dia rajut menjadi satu ikatan dan dipikulnya ke rumahnya.

Kumpulan purun itu selanjutnya dijemur diterik mentari hingga kering. Purun yang sudah kering itu diikat lagi dan kemudian dirajut ditumbuk menggunakan alat tumbuk kayu.

Selain dengan cara tradisional, menumpuk purun juga sudah bisa dilakukan menggunakan tenaga mesin dan lebih modern.

Nah purun yang sudah kering itu lah yang dijadikan rupian oleh Faridah dan sejumlah warga di Kampung purun. Meski di zaman modern, kreatifitas mereka ternyata masih bertahan sampai saat ini dan masih banyak pemesan yang menggunakan hasil karya mereka.

Tanaman purun yang tumbuh liar di rawa-rawa belakang rumah disulap menjadi kerajinan tangan dengan berbagai bentuk dan Kreatifitas.

"Ya merajut tas ini sudah turun menurun. Kami tekuni sejak masih kecil diajari oleh Ayah dan ibu kami," kata perempuan yang disapa Acil Odah ini.

Ya, tas purun yang digabungkan oleh pemerintah menjadi alternatif pengganti Kantongan plastik kresek itu rupanya tak mudah dibuatnya.

Di tangan Acil Odah dan kelompok di Kampung Purun ini lah berbagai macam kerajinan dari purun dengan berbagai macam bentuk dibuat.

Baca: NEWSVIDEO : TPS Unik Di Komplek Herlina Perkasa Kelurahan Sungai Andai Kota Banjarmasin 

Baca: Prabowo Jadi Penjamin Penangguhan Ahmad Dhani, Mantan Suami Maia Estianty Bebas?

Dari aktivitas warga membuat kerajinan purun inilah, selanjutnya kawasan ini dijadikan objek wisata Tematik oleh Pemko Banjarbaru.

Kampung purun sendiri berada di Kawasan kampung yang berada di Kelurahan Palam Kecamatan Cempaka Kota Banjarbaru Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel).(banjarmasinpost.co.id/tim)

Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved