Berita Banjarmasin

Paripurna Penyerahan Rekomendasi LKPj Pemprov Kalsel 2018, Begini Catatan Dewan Untuk Pemerintah

DPRD) Provinsi Kalimantan (Kalsel) gelar Rapat Paripurna Istimewa di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Provinsi Kalsel.

Paripurna Penyerahan Rekomendasi LKPj Pemprov Kalsel 2018, Begini Catatan Dewan Untuk Pemerintah
(banjarmasinpost.co.id/achmad maudhody)
DPRD Provinsi Kalimantan (Kalsel) gelar Rapat Paripurna Istimewa di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Provinsi Kalsel, Senin (15/4/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan (Kalsel) gelar Rapat Paripurna Istimewa di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Provinsi Kalsel, Senin (15/4/2019).

Dengan agenda penyampaian Rekomendasi atas Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Gubernur Provinsi Kalsel Tahun Anggaran 2018, rapat dipimpin oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalsel, H Muhaimin.

Sudah didahului Rapat Paripurna Internal di hari yang sama, H Muhaimin menyampaikan kesimpulan Rekomendasi atas LKPj Gubernur Kalsel, H Sahbirin Noor para Rapat Paripurna ini yang dihadiri Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan.

Baca: NEWSVIDEO : Bawaslu Tertibkan APK di Wilayah Tanahlaut 

Baca: Jebolan SMK/SMA di HSS Ikuti Pelatihan Kerja ke Bekasi, Lulusan Terbaik Berpeluang Langsung Bekerja

Baca: Sofwat Hadi Sebut Pemilu 2019 Serentak Bingungkan Masyarakat, Pileg Seolah Terabaikan

H Muhaimin menjelaskan, dari hasil rapat pembahasan, Audiensi dengan SKPD terkait di lingkungan Pemprov Kalsel dan konsultasi yang dilakukan oleh Panitia Khusus (Pansus), LKPj Gubernur Kalsel Tahun Anggaran 2018 secara umum sudah baik dan lengkap.

H Muhaimin juga sampaikan apresiasi DPRD Provinsi Kalsel atas diraihnya berbagai capaian dan penghargaan termasuk Predikat A dalam SAKIP Award 2018 Wilayah II yang diberikan oleh Kemenpan RB.

"Kami tetap harapkan Pemerintah Kalsel bisa terus sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah 2016-2021 yang tidak hanya pertimbangkan isu lokal, tapi juga isu nasional dan global," kata H Muhaimin.

Kedepan, pihaknya meminta Pemerintah Provinsi Kalsel agar tak hanya mebeberkan hasil dari program yang dilakukan tapi juga capaian dan dampaknya terhadap masyarakat agar DPRD Provinsi Kalsel bisa memberikan rekomendasi yang lebih komperhensif.

Walau demikian, DPRD Provinsi Kalsel dalam Rekomendasi LKPj nya tentu masih mencantumkan banyak poin rekomendasi sebagai bahan pertimbangan Pemerintah untuk jalankan Pemerintahan kedepan.

Diantaranya dari Pansus 1 LKPj Gubernur Kalsel Tahun Anggaran 2018 yang memuat setidaknya sepuluh poin rekomendasi di bidang Pemerintahan.

Diantaranya dijelaskan oleh Anggota Pansus 1, Suripno Sumas, yaitu rekomendasi untuk memperkuat aspek Pemerintahan di tingkat desa dan kelurahan dengan menambah tenaga pendamping desa.

"Selama ini banyak pendamping desa yang mengundurkan diri dan beralih ke profesi lain karena honornya lebih rendah dibanding honor di lembaga lain. Apalagi kadang mereka menangani lebih dari satu desa, ini yang jadi salah satu rekomendasi kami untuk dipertimbangkan Pemerintah," kata Suripno.

Wakil Gubernur Kalsel, Rudy Resnawan nyatakan berterimakasih atas rekomendasi yang disusun oleh DPRD Provinsi Kalsel dapat dilaksanakan tepat waktu dan dalam mekanisme koridor ketentuan mulai dari pembahasan sampai dengan penyampaian rekomendasi.

Baca: NEWSVIDEO : Pengrajin Purun Masih Bertahan di Zaman Modern

Baca: Gading Marten Dibuat Terdiam Saat Gempita Bertanya, Kondisi Pilu Putri Gisella Anastasia

Rudy mengaku rekomendasi tersebut sangat berarti sebagai masukan dan koreksi untuk jalannya pemerintahan dan pembangunan di Kalsel kedepan.

"Sepertinya kalau mendengar rekomendasi ini, rasanya kami butuh APBD tiga kali lipat lebih besar dari yang sekarang untuk bisa segera penuhi itu semua," kata Rudy sambil bercanda.

Rapat ditutup ditandai dengan penyerahan Rekomendasi DPRD Provinsi Kalsel atas LKPj Gubernur Kalsel Tahun Anggaran 2018 yang diserahkan H Muhaimin kepada Rudy Resnawan dan diikuti sesi foto bersama (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved