Pilpres 2019

Wakil Bupati Paluta Tapanuli Selatan Ditangkap, Diduga Terlibat Politik Uang Terkait Pencalegan

Dari 14 orang tersebut, petugas mengamankan Wakil Bupati Paluta Hariro Harahap yang juga diketahui merupakan politisi dari Partai Gerindra.

Wakil Bupati Paluta Tapanuli Selatan Ditangkap, Diduga Terlibat Politik Uang Terkait Pencalegan
Ilustrasi 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PADANGLAWAS UTARA - Dua hari jelang pelaksaan pencoblosan Pilpres dan Pileg Pemilu 2019, Wakil Bupati Kabupaten Padanglawas Utara ( Paluta) ditangkap polisi karena diduga terlibat politik uang terkait Pileg.,

Tim Satgas Money Politic Polres Tapanuli Selatan mengamankan 14 orang yang diduga terlibat politik uang untuk memenangkan salah satu Caleg DPRD Kabupaten Padanglawas Utara ( Paluta), Sumatera Utara, Masdoripa Siregar yang merupakan istri Wakil Bupati Paluta, Hariro Harahap, Senin (15/4/2019) dini hari.

Dari 14 orang tersebut, petugas mengamankan Wakil Bupati Paluta Hariro Harahap yang juga diketahui merupakan politisi dari Partai Gerindra.

Kapolres Tapsel AKBP Irwa Zaini Adib mengatakan, mulanya pihaknya mendapat informasi adanya dugaan praktik politik uang yang diduga dilakukan oleh salah satu caleg dari Partai Gerindra di Kabupaten Paluta.

Mendapat informasi tersebut, Senin (15/4/2019) sekitar pukul 02.00 WIB, pihaknya langsung melakukan penyelidikan.

Baca: Abu Bakar Baasyir Akan Golput Pada Pilpres 2019, Kepala Lapas Gunung Sindur: Semua Napi Masuk DPS

Hasilnya, di sebuah jalan di Kabupaten Paluta, petugas menghentikan laju kendaraan mobil jenis kijang yang di dalamnya terdapat empat orang atas nama Sabaruddin Harahap, Mual Harahap, Fakih Harahap dan Rijal Harahap.

Setelah dilakukan pemeriksaan, petugas menemukan 87 lembar amplop berisi uang Rp 43,4 juta.

"Masing-masing amplop berisi uang antara Rp 150.000 hingga Rp 200.000"

"Juga ada kartu caleg untuk DPRD Kabupaten Paluta dari Partai Gerindra nomor urut 3 Dapil 1 atas nama Masdoripa Siregar," ujar Irwa.

Irwa mengatakan, dari pengakuan empat orang yang diamankan, mereka mendapatkan amplop tersebut langsung dari Hariro Harahap di kediamannya di Lingkungan I, Pasar Gunung Tua, Paluta, Sumatera Utara.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved