Pemilu 2019

Begini Tips Agar Tak Alami Gangguan Jiwa dari Direktur RSJD Sambang Lihum

Menjadi seorang calon legislatif (Caleg) tentu sedikit banyak miliki potensi meningkatnya tingkat stress menunggu hasil Pemilihan Umum (Pemilu).

Begini Tips Agar Tak Alami Gangguan Jiwa dari Direktur RSJD Sambang Lihum
banjarmasinpost.co.id/acm
dr┬áH IBG Dharma Putra, Direktur RSJD Sambang Lihum 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Menjadi seorang calon legislatif (Caleg) tentu sedikit banyak miliki potensi meningkatnya tingkat stress menunggu hasil Pemilihan Umum (Pemilu).

Direktur Rumah Sakit Jiwa Daerah (RSJD) Sambang Lihum, dr H IBG Dharma Putra miliki tips bagi para Caleg peserta Pemilu 2019 agar tingkat stres dapat terkontrol.

dr H IBG Dharma Putra menjelaskan, salah satu cara utama menghindari tingkat stres berlebihan adalah menghindari rekayasa berlebihan apalagi mengandalkan politik uang.

Kesehatan mental menurutnya akan tetap terjaga jika keseimbangan holistik jiwa terjaga, di mana ada tiga aspek di dalamnya yaitu keseimbangan holistik antara kesehatan fisik, jiwa dan lingkungan.

Jika keseimbangan holistik tersebut terjaga, naiknya tingkat stres tidak akan terlalu berpengaruh besar pada kesehatan jiwa.

Baca: Mabuk Perjalanan Pasti tak Menyenangkan, Simak 5 Tips Mengatasinya

Baca: Komentar Pedas Nia Ramadhani Saat Ibunda Raffi Ahmad Bongkar Rumah Tangga Syahnaz & Nagita Slavina

Baca: Pernyataan Mischa Chandrawinata Soal Ranty Maria Saat Jelang Pernikahan Ammar Zoni dan Irish Bella

Baca: Iwan Fals Rahasiakan Pilihannya pada Pilpres 2019, Biar Tuhan yang Tahu

Baca: Kekecewaan Ayu Ting Ting Saat Tertahan di Turki Usai Temui Pria Selain Ivan Gunawan & Shaheer Sheikh

Dalam Pileg di Kalsel kali ini Ia optimis keseimbangan holistik para Caleg tetap terjaga, karena sudah lalui tes kesehatan jiwa, tes kesehatan fisik dan lingkungan Pemilu dijaga jujur dan adil.

"Yang ditakutkan rekayasa berlebihan dari caleg untuk menang. Kalau ada yang berhutang, money politik sehingga stress yang muncul berlebihan. Kalah stres menang stres, nah ini yan bisa timbulkan gangguan jiwa. Jadi kami imbau bagi para Caleg tidak usah lakukan money politik sudah haram timbulkan stres lagi," kata dr H IBG Dharma Putra.

Namun jika pun terjadi adanya gangguan jiwa pada Caleg peserta Pemilu 2019 di Kalsel, dr H IBG Dharma Putra nyatakan RSJD Sambang Lihum masih memiliki alokasi tempat tidur perawatan yang masih tersedia.

"Dari total 400 bed, okupansinya sekitar 80 persen jadi masih sekitar 58 bed yang tersedia," terangnya.

Namun ternyata tak berbeda dari Rumah Sakit yang lainnya, RSJD Sambang Lihum ternyata juga miliki kelas-kelas ruangan yang berbeda-beda mulai dari Kelas III, Kelas II, Kelas I bahkan Kelas VIP.

Walau berbeda dari sisi fasilitas ruangan, namun dr H IBG Dharma Putra menegaskan asuhan yang diberikan pihak rumah sakit tidak akan berbeda kepada pasien di setiap kelas.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved