Berita Kalteng

Dandim 1011/Klk : Siskamling, Jaga Stabilitas Keamanan Wilayah dan Ajang Silaturahmi Warga

Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan salah satu kegiatan bersama warga untuk menjaga stabilitas keamanan wilayah dan ajang silaturahmi

Dandim 1011/Klk : Siskamling, Jaga Stabilitas Keamanan Wilayah dan Ajang Silaturahmi Warga
tribunkalteng.com/fadly
Komandan Kodim1011/Kualakapuas (Klk) Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono SIP 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KUALAKAPUAS - Sistem Keamanan Lingkungan (Siskamling) merupakan salah satu kegiatan bersama warga untuk menjaga stabilitas keamanan wilayah dan ajang silaturahmi warga dengan Bintara Pembina Desa (Babinsa).

Hal tersebut disampaikan Komandan Kodim (Dandim) 1011/Klk Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono S.I.P dalam rilis tertulisnya di Kuala Kapuas, Kalimantan Tengah, Selasa (16/4/2019).

“Bagi kami, selaku Aparat Teritorial (Apter), kegiatan seperti Siskamling, tidak hanya dalam rangka menjaga keamanan wilayah, namun juga sebagai media mempererat tali silaturahmi dan kerjasama dengan masyarakat," ungkap pria yang akrab dipanggil Bambang ini.

Pertemuan dengan warga akan semakin mengakrabkan anggota TNI dengan warga.

Demikian juga sebaliknya, warga pun akan semakin kenal dan diharapkan dari keakraban tersebut akan mengeratkan jalinan persaudaraan dan kekeluargaan.

Baca: Kecemburuan Ivan Gunawan Lihat Ayu Ting Ting Pamer Kebersamaan dengan Aktor Turki, Emre Kivilcim

Baca: Dukung Jokowi dan Prabowo, Paman dan Ponakan Taruhan Tanah 1 Hektare Dalam Pilpres 2019

Baca: Tiket Avengers : Endgame Bisa Dibeli Mulai Hari Ini di Studio XXI Banjarmasin, Ini Jadwal Perdananya

Baca: Komentar Pedas Nia Ramadhani Saat Ibunda Raffi Ahmad Bongkar Rumah Tangga Syahnaz & Nagita Slavina

Bambang pun menegaskan bahwa dirinya senantiasa menekankan kepada seluruh jajarannya untuk mempelopori berbagai kegiatan yang dapat membantu masyarakat dalam mengatasi kesulitan yang dihadapinya.

"Tidak hanya individu, kami juga senantiasa mengajak masyarakat peduli terhadap lingkungan mereka. Ini penting, karena jumlah aparat keamanan yang ada sangat terbatas, termasuk Babinsa kita yang minimal satu orang membina dua desa, bahkan lebih," tegasnya.

Untuk mengatasi masalah tersebut, menurut lulusan Akmil 2000 ini, dirinya menjadikan Babinsa sebagai ujung tombaknya satuan di lapangan.

"Ujung tombak di sini, pada dasarnya menjadi penyambung lidah masyarakat dan turut menjadi bagian solusi pada kesempatan pertama. Babinsa aktif berkeliling di Desa atau Kelurahan wilayah binaannya, pagi, siang maupun malam. Istilah kita, kantor Babinsa ya dimana warga berkumpul, sehingga mereka dengan cepat mengetahui dan mersepon setiap masalah yang ada," ujarnya.

Seperti yang dilakukan Serka Wijatmoko (Babinsa Koramil 1011-12/Bahaur), setiap malam mengajak warga untuk melaksanakan Siskamling dan ketika ada masyarakat berkumpul, Serka Wijatmoko tidak segan-segan untuk bergabung untuk mengetahui apa yang sedang menjadi pembicaraan warga.

Kehadiran Babinsa di tengah warga, lanjut Bambang, bukanlah seperti mata-mata, justru menjadi bagian masyarakat dalam rangka menjaga ketahanan dan keamanan wilayah itu.

"Selain itu dengan hadirnya Babinsa akan mempererat hubungan dan Kemanunggalan TNI dan rakyat," tuturnya

Sementara itu, dengan keberadaan Babinsa di tengah warga saat Siskamling, Mulyono (49), Ketua RT 01 Desa Bahaur Tengah mengungkapkan bahwa dirinya terpanggil untuk turut serta dalam kegiatan Siskamling tersebut.

"Selama ini wilayah masih terjaga dengan baik dan aman, apa lagi dengan adanya Babinsa yang turut serta saat siskamling, ini sangat membantu warga, sehingga Desa Bahaur Tengah ini dapat aman terkendali," tandasnya.

(Banjarmasinpost.co.id/Fadly SR)

Penulis: Fadly Setia Rahman
Editor: Edinayanti
Sumber: Tribun Kalteng
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved