Berita Banjarmasin

Empat Caleg di Banjarmasin Diduga Lakukan Politik Uang, Bawaslu Kota Banjarmasin Kumpulkan Bukti

Badan pengawas Pemilu ini mendapati ada empat indikasi dugaan pelanggaran tindak pidana Pemilu yang terjadi di Banjarmasin.

Empat Caleg di Banjarmasin Diduga Lakukan Politik Uang, Bawaslu Kota Banjarmasin Kumpulkan Bukti
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Ketua KPU Kota Banjarmasin, Khairunnizan dan Komisioner Bawaslu Kota Banjarmasin, Subhani meangkat box berisi surat suara dari dalam kontainer 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Giat patroli Bawaslu Kota Banjarmasin pada masa tenang rupanya membuahkan hasil. Badan pengawas Pemilu ini mendapati ada empat indikasi dugaan pelanggaran tindak pidana Pemilu yang terjadi di Banjarmasin.

Koordinator Divisi Penindakan Bawaslu Kota Banjarmasin, Subhani, menerangkan, ada empat temuan di lapangan semasa mereka patroli. Sebutnya ada sejumlah Caleg yang terindikasi membagikan uang pada beberapa kecamatan di Banjarmasin.

Dari keterangan Subhani pula, sebelumnya tim patroli dipimpin oleh Ketua Panwascam Banjarmasin Tengah, Ahmad Baihaki menerima informasi dari warga. Informasi tersebut ialah adanya dua Caleg yang membagikan uang. Padahal ini memasuki masa tenang.

Berdasarkan informasi tersebut, ujarnya tim patroli pun mendatangi lokasi kejadian yang dianggap terjadi pelanggaran. Dugaan sementara, apa yang dilakukan Caleg ialah memberi uang sebesar Rp 50 ribu dan melampirkan selebaran foto caleg kepada warga.

"Foto selebaran itu dilengkapi nama dan lambang parpol untuk caleg," ujar Subhan.

Baca: Peringatan Ustadz Abdul Somad ke Saksi TPS, Ancamannya Neraka Jahanam Jika Lakukan Ini

Baca: Jadwal Pencoblosan di TPS di Gelaran Pilpres dan Pileg 2019, Ingat Tutup Jam 13.00

Baca: Jangan Foto di Bilik Suara TPS Saat Pencoblosan Pilpres dan Pileg 2019, Ada Sanksinya

Baca: NEWSVIDEO : Kena Hujan, 12 Kotak Suara Rusak Saat Diantar ke Pemurusdalam Banjarmasin

Sebutnya kedua Caleg tersebut merupakan Caleg yang berasal dari Parpol yang berbeda. Mereka berinisial MS dan NV. Hal disayangkan, ketika didatangi, tim patroli tidak menemukan Caleg yang bersangkutan.

Tak habis disitu, sebelumnya Bawaslu Kota Banjarmasin rupanya juga menemukan indikasi dugaan pelanggaran di Banjarmasin Timur.

Didapati, dua Caleg berinisial TN dan NL juga melakukan hal sama, yakni membagikan uang. Bahkan jumlahnya pun dari Rp 50.000 sampai Rp 100.000 yang diberikan kepada warga.

Saat ini, ujarnya, pihak Bawaslu Kota Banjarmasin masih menunggu berkas laporan dan bukti-bukti. Kemudian akan dibahas di Sentra Gakkumdu Banjarmasin yang melibatkan aparat Kejari Banjarmasin dan Polresta Banjarmasin.

"Apabila terbukti, secara formil maupun materil, maka keempat Caleg yang diduga melakoni politik uang itu akan dikenakan Pasal 523 ayat (2) UU Pemilu Nomor 7 Tahun 2017, dengan ancaman penjara paling lama empat tahun dan denda maksimal Rp 48 juta," ucap Subhani.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved