Berita Banjarmasin

NEWSVIDEO : Kena Hujan, 12 Kotak Suara Rusak Saat Diantar ke Pemurusdalam Banjarmasin

Padahal mestinya kotak suara itu sudah berada di kelurahan yang sudah ditentukan, yakni di Pemurusdalam, Banjarmasin Selatan, Banjarmasin.

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Puluhan kotak suara nampak berjejer di satu ruangan pada Sekretariat KPU Kota Banjarmasin. Padahal mestinya kotak suara itu sudah berada di kelurahan yang sudah ditentukan, yakni di Pemurusdalam, Banjarmasin Selatan, Banjarmasin.

Pantauan banjarmasinpost.co.id, Selasa (16/4/2019), sebagian kotak suara didapati dalam kondisi lembab. Bahkan ada yang terkoyak dan sobek, sehingga dikategorikan rusak.

Kotak suara pun sudah dalam keadaan terbuka. Karena oleh KPU Kota Banjarmasin dilakukan pemeriksaan pada isi kotak tersebut. Terlebih saat pengiriman, surat suara dan sejumlah dokumen keperluan pemunnggutan suara di TPS berada di dalamnya.

Beberapa staf KPU Kota Banjarmasin juga terlihat memilah kotak suara yang sempat mengalami kebasahan itu. Bahkan puluhan surat nampak diletakan berjejer. Sebagian ada pula yang dibuka dan dikeringkan dalam ruangan.

Menurut informasi yang didapat dari PPK Kecamatan Banjarmasin Selatan, H Shafwani, ada sekitar 50 kotak suara beserta isinya yang kembali diserahkan ke KPU Kota Banjarmasin karena basah.

Baca: Ceramah Ustadz Abdul Somad Tentang Keutamaan Melaksanakan Puasa Nisfu Syaban 2019

Baca: Detik-detik Jelang Pemilu 2019, Anggota Komisi III DPR RI Ini Soroti Kinerja KPU, TNI & Polri

12 unit di antaranya mengalami rusak berat. Sementara sisanya diperiksa oleh KPU Kota Banjarmasin. Adapun jumlah keseluruhan kotak suara untuk kelurahan Pemurusdalam mencapai 315 unit.

Sementara itu, Sekretaris KPU Kota Banjarmasin, Husni Thamrin menjelaskan, kerusakan kotak suara karena faktor hujan saat pendistribusian berlangsung.

Insiden itu terjadi pada Senin (15/4/2019) sore saat petugas di lapangan dari Kecamatan Banjarmasin Selatan mengantar logistik Pemilu 2019 untuk mengisi TPS di Kelurahan Pemurusdalam, Banjarmasin.

Lantas, mendapati adanya kerusakan surat suara karena disebabkan oleh alam, pihak KPU Kota Banjarmasin langsung melakukan pemeriksaan. Bahkan memindahkan logistik ke sekretariat KPU Kota Banjarmasin pada malam harinya.

Pergantian kotak suara itu pula ujar Husni Thamrin dilakukan pasca pemeriksaan. Staf KPU kembali merakit kotak suara cadangan yang bakal dikirim ke Kelurahan Pemurusdalam, sebagai pengganti kotak suara yang rusak.

Tak hanya logistik kotak suara, isinya pun, yakni surat suara yang ada di dalam kotak juga basah. Sehingga KPU Kota Banjarmasin juga mengganti kerusakan surat suara tersebut.

Baca: Hadapi Pemungutan Suara Pemilu 2019, Layanan Operasional Bank di Banjarmasin Diliburkan

Baca: Salurkan Hak Warga Binaan untuk Pemilu 2019, Dua TPS Disiapkan di Lapas Amuntai HSU

"Jadi kami KPU Kota Banjarmasin langsung melakukan penanganan saat ada laporan. Sejumlah kotak suara yang dilaporkan rusak kami bawa dan kami periksa. Memang sebagian ada yang rusak berat," jelas Husni Thamrin.

Ia mengatakan kotak suara yang tidak bisa digunakan langsung diganti. Sementara apabila ada yang masih dalam kondisi baik, cukup dikeringkan dan dimanfaatkan kembali. Begitupun untuk surat suara.(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved