Berita HSU

Permudah Layanan, Pemkab HSU Siapkan Program Portal HSU dan Aplikasi Simpun

Program layanan yang dipersiapkan adalah Portal HSU berbasis web dan aplikasi Simpun (Sistem Informasi Manajemen Kependudukan)

Permudah Layanan, Pemkab HSU Siapkan Program Portal HSU dan Aplikasi Simpun
HO/Diskominfo HSU
Rapat persiapan peluncuran portal HSU dan aplikasi Simpun, Selasa (16/4/2019). 

BANJARMASINPOST.CO.ID, AMUNTAI - Program layanan berbasis IT saat ini tengah dipersiapkan untuk diluncurkan jajaran Pemkab Hulu Sungai Utara (HSU).

Program layanan yang dipersiapkan adalah Portal HSU berbasis web dan aplikasi Simpun (Sistem Informasi Manajemen Kependudukan)

Untuk mempersiapkan peluncuran yang direencanakan bertepatan dengan peringatan hari jadi ke-67 HSU ini, Dinas Komunikasi Dan Informatika (Kominfo) HSU juga telah gelar kegiatan rapat koordinasi

Kepala Dinas Kominfo H Adi Lesmana menyampaikan Portal HSU merupakan layanan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE) Kabupaten HSU dengan sistem single sign on.

"Ini merupakan satu implementasi dari Perbub HSU nomor 54 tahun 2018 tentang penerapan dan pengembangan E-Goverment Pemerintah Kabupaten HSU," katanya.

Baca: Antar Logistik Pemilu 2019, Petugas Gunakan Kelotok ke Pemurus dan Podok Aluh-aluh Kabupaten Banjar

Baca: Peringatan Ustadz Abdul Somad ke Saksi TPS, Roy Kiyoshi Ramal Pilpres 2019, Prabowo atau Jokowi?

Menurutnya, portal HSU ini berbasis web ini menjadi pintu masuk bagi pengguna ASN maupun masyarakat HSU untuk mengakses berbagai layanan, baik terkait proses kerja pemerintahan maupun layanan umum.

Ini karena portal HSU terbagi menjadi dua jenis layanan, yaitu layanan pemerintah non publik dan layanan umum masyarakat atau layanan publik.

"Nanti pada tahap awal peluncuran Portal HSU nanti juga dibarengi peluncuran Aplikasi Simpun yang bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan terintegrasi dalam Portal HSU," katanya.

Aplikasi Simpun berfungsi untuk mempermudah masyarakat dalam pembuatan dokumen kependudukan secara online, seperti akta kelahiran, Kartu Keluarga, Kartu Identitas Anak, dan Akta Kematian.

Sehingga masyarakat yang tidak mempunyai waktu untuk mengurus dengan datang ke Disdukcapil akan bsis terbantu.

"Ini karena bisa dilakukan secara online, dan hasilnya akan dikirim melalui PT POS ke alamat masing-masing," katanya. (banjarmasinpost.co.id/dony usman)

Penulis: Dony Usman
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved