Cetak

TPS-nya Warna-warni

Warga Jalan Padat Karya Kompleks Herlina Perkasa RT 53 Blok Virus Kelurahan Sungaiandai Banjarmasin miliki ide unik untuk menyemarakkan Pemilu 2019.

TPS-nya Warna-warni
(banjarmasinpost.co.id/aya sugianto)
TPS 01 di Komplek Herlina Perkasa ini terlihat unit dengan kursi tunggu yang dicat berwarna warni. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ada yang menggergaji, ada pula yang memaku. Setelah beberapa lama jadikan sejumlah bangku yang unik dan penuh warna.

Warga Jalan Padat Karya Kompleks Herlina Perkasa RT 53 Blok Virus Kelurahan Sungaiandai Banjarmasin miliki ide unik untuk menyemarakkan Pemilu 2019.

Mereka membuat Tempat Pemungutan Suara (TPS) 53 menjadi menarik. Mereka mengecat sejumlah fasilitas TPS dengan berbagai warna hingga menimbulkan kesan ceria dan jauh dari suasana ketegangan politik.

Baca: Suka lagu Ahmad Dhani Cinta Kau dan Dia, Dul Isyaratkan Tengah Galau Suka Dua Cewek

Baca: Mata Berkedut, Ternyata Bisa Gejala Kelainan Syaraf dan Otak, Begini Penjelasannya

Baca: Skor Akhir Watford vs Arsenal, Gol Tunggal Aubameyang Antar The Gunners ke Posisi 4

Ada 15 bangku yang diolah warga dari kayu galam dan bambu untuk 167 pemilih yang antre melakukan pencoblosan pada Rabu (17/4). Pembuatannya melibatkan puluhan warga. Ini diawali dari mengukur batang kayu, memotong, merangkai hingga mengecatnya.

Menurut Halidi, pembuatan bangku sebenarnya sudah dimulai sejak kurang lebih sepekan lalu.

“Sebenarnya rencana kami buat 27 bangku. Tapi karena kendala waktu, sekarang baru 15 bangku. Kami harap dengan sentuhan unik ini bisa meningkatkan semangat warga untuk datang ke TPS menyalurkan hak suaranya,” kata Halidi di sela pembuatan bangku, Senin (15/4).

Walau mendapat dana pembuatan TPS dari pemerintah, Halidi mengatakan swadaya warga sangat besar. Itu karena untuk pembuatan satu bangku diperlukan dana Rp 300 ribu.

Dijelaskan Ketua RT 53 Zainal Hakim, pengecatan bangku dengan berbagai warna itu memang disesuaikan dengan konsep lingkungan RT 53 yang juga warna-warni. Makanya kampung mereka dikenal dengan sebutan Kampung Bunga.

“Pemilu ini kan harusnya menjadi Pemilu damai, makanya kami bikin suasana yang ceria,” kata Hakim.

Baca: Bertekad Kalahkan Barcelona, Solskjaer Siapkan Strategi Khusus Kalahkan Messi cs

Baca: Reaksi Tak Terduga Putra Maia Estianty, Al & Dul Atas Jaminan Penangguhan Penahanan Ahmad Dhani

Selain untuk meningkatkan minat pemilih, kegiatan ini juga untuk meningkatkan daya tarik Kampung Bunga yang memang dicanangkan warganya sebagai kampung wisata di Banjarmasin.

“Kami berharap juga hal ini bisa menginspirasi warga yang lain yang juga lebih semangat bergotong-royong membenahi lingkungannya,” tambahnya. (acm)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved