Berita Kabupaten Banjar

Warga Pinggiran Banjar Antusias Sambut Pemilu 2019, Begini yang Mereka Lakukan

Umumnya warga di Bumi Barakat juga antusias menyongsong pesta demokrasi lima tahunan yang tahun ini dilaksanakan secara serentak tersebut.

Warga Pinggiran Banjar Antusias Sambut Pemilu 2019, Begini yang Mereka Lakukan
banjarmasinpost.co.id/idda royani
KOKOH - Inilah salah satu TPS di lingkungab RT 02 yang telah didirikan warga Desa Tajaulandung, Kecamatan Sungaitabuk. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURA - Pemilihan umum (pemilu) serentak 17 April 2019 benar-benar menjadi momentum bersejarah bagi negeri ini. Tak cuma di perkotaan gegap gempita masyarakat menyambutnya, tapi juga di perdesaan.

Begitu halnya di wilayah pinggiran di Kabupaten Banjar, Kalimantan Selatan (Kalsel). Umumnya warga di Bumi Barakat juga antusias menyongsong pesta demokrasi lima tahunan yang tahun ini dilaksanakan secara serentak tersebut; pilpres, pemilihan caleg DPR RI/provinsi/kabupaten, dan DPD.

"Alhamdulillah meski jauh dari kota, tapi kami yang ada di kampung juga bersemangat menyambut pemilu 17 April. Apalagi pemilu kali ini kan langka (serentak, red)," ucap Sekretaris Desa Tajaulandung, Kecamatan Sungaitabuk, Rudiannur, Selasa (16/04/2019).

Rudiannur yang juga menjabat ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Tajaulandung menuturkan antusiasme warga di kampungnya antara lain tercermin dari semangat gotong royong membikin TPS (tempat pemungutan suara). Secara sukarela warga bahu-membahu mendirikan tempat untuk pencoblosan tersebut.

Baca: Peringatan Ustadz Abdul Somad ke Saksi TPS, Roy Kiyoshi Prediksi Pilpres 2019, Prabowo atau Jokowi?

Ia menuturkan di kampungnya ada lima TPS yang tersebar di kantong-kantong permukiman warga. Sebagian telah membikin TPS sejak Selasa pagi dan sebagian lainnya menjelang siang atau sore.

Seluruh logistik kebutuhan pemilu juga telah tiba. Total jumlah surat suara yakni 1.279 lembar. "Rinciannya, di TPS 01 281 lembar, di TPS 02 sebanyak 277 lembar. Lalu 242 lembar di TPS 03, 252 lembar di TPS 04, dan 227 lembar di TPS 05," beber Rudiannur.

Sementara itu, komisioner Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Banjar sejak pagi menyebar ke berbagai wilayah. Masing-masing berbagai lokasi guna melakukan pemantauan penyaluran logistik pemilu.

LOGISTIK - Petugas Pemungutan Suara (PPS) Tajaulandung menerima logistik Pemilu 2019.
LOGISTIK - Petugas Pemungutan Suara (PPS) Tajaulandung menerima logistik Pemilu 2019. (banjarmasinpost.co.id/idda royani)

"Kami para komisioner bergerak ke lapangan semua guna memastikan seluruh logistik tersalur lancar ke semua tempat," ucap Muslihah, anggota KPUD Banjar yang membidangi Divisi Perencanaan, Program dan Data.

Terpisah, relawan demokrasi bentukan KPUD Banjar juga telah tuntas melaksanakan tugasnya melakukan sosialisasi kepemiluan. Termasuk di kalangan penyandang disabilitas.

Baca: Enam TPS di Desa Karang Bunga Batola Dilombakan, Disiapkan Hadiah Bagi Juara

"Alhamdulillah sekarang masa tenang, kami pun juga bisa istirahat. Tugas saya menyosialisasikan kepemiluan di kalangan disabilitas di Kabupaten Banjar juga sudah terlaksana secara maksimal," ucap Indrajaya.

Penghuni Panti Sosial Bina Netra (PSBN) Fajar Harapan, Martapura, ini mengatakan sejak ditunjuk sebagai relawan demokrasi, dirinya langsung bergerak ke lapangan melakukan sosialisasi mengenai pemilu 17 April kepada kalangan penyandang disabilitas. Ia senang karena respons kalangan disabilitas di Bumi Barakat cukup tinggi untuk berpartisipasi pada pemilu.

(banjarmasinpost.co.id/roy)

Penulis: Idda Royani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved