Berita Banjarmasin

Datangi TPS 21 Pasarlama, Tiga Mahasiswa Ini Tak Bisa Gunakan Hak Suara Karena Tak Punya Form A5

Pasalnya mereka tidak bisa menggunakan hak suara karena tidak memiliki form C6 (undangan) ataupun A5 sebagai keterangan pindah pilih.

Datangi TPS 21 Pasarlama, Tiga Mahasiswa Ini Tak Bisa Gunakan Hak Suara Karena Tak Punya Form A5
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
Warga Pasarlama Banjarmasin telihat antre di TPS 21 Pasarlama menunggu pencoblosan surat suara, Rabu (17/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Kekecewaan dirasakan oleh sejumlah Mahasiswa Universitas Muhammadiyah, Banjarmasin. Pasalnya mereka tidak bisa menggunakan hak suara karena tidak memiliki form C6 (undangan) ataupun A5 sebagai keterangan pindah pilih.

Para mahasiswa ini mendatangi TPS 21 yang ada di Kelurahan Pasarlama, Banjarmasin. Mereka secara bersamaan mencoba menanyakan apakah bisa memilih di TPS tersebut.

Namun jawaban yang didapat tak sesuai harapan. Para mahasiswa ini dinyatakan tidak bisa memilih di TPS itu. Oleh KPPS pun mereka dianjurkan untuk mencoblos ke alamat sesuai domisili KTP.

"Sebelumnya kan kami mendapatkan informasi kalau bisa memilih menggunakan E-KTP. Ternyata harus ada form A5 untuk kasus pindah pilih seperti kami," ucap Mahasiswa UM Banjarmasin, Muhammad Jamhuri.

Ia mendatangi TPS dengan beberapa temannya, yakni Adelia Ramadanti dan Veni Nurhayati Wahyuni. Kecewa pun dirasakan ketiganya. Satu sisi mereka hendak menggunakan hak suara, di sisi lain sudah tidak bisa karena tak mengetahui harus mengurus A5.

Baca: Suara Capres 02, Unggul di Tempat TPS Wagub Kalsel Nyoblos di Klausreppe Banjarbaru

Sementara itu, Ketua KPPS TPS 21 Pasarlama, Ahmad Basuni menjelaskan, memang ada banyak mahasiswa yang datang ke TPS tersebut. Namun hanya sedikit yang bisa menunjukan form A5.

"Kasihan mahasiswa jadi banyak yang Goput," ucapnya.

Mahasiswa yang datang dan tidak bisa mencoblos juga sempat bersikeras akan peraturan dari KPU tersebut. Namun ujar Basuni setelah dijelaskan, si mahasiswa yang bersangkutan akhirnya memahami.

Selain kendala banyak didatangi mahasiswa. Kekurangan surat suara juga sempat di alami di TPS tersebut. Namun hanya satu surat suara, yakni surat suara DPD RI.

Lain halnya pada TPS 12 Pasarlama yang diinformasikan sempat terhenti selama dua jam karena menunggu kedatangan surat suara yang kurang.

Halaman
12
Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved