Cetak Bpost

Di Rumania Pakai Stempel

Saya sungguh sangat senang. Setelah enam tahun tinggal di Indonesia, saya bisa ikut menyalurkan hak pilih saya sebagai warga negara.

Di Rumania Pakai Stempel
Istimewa
Pegulat putri Kalsel, Natrusnicu Roxana Andreea saat bertanding di Kejuaraan Gulat Senior se Asia Tenggara 2018, di Manila, Filipina. 

Wawancara Ekslusif

BANJARMASINPOST.CO.ID - Pegulat putri asal Rumania, Nastrusnicu Roxana Andreea, pada pertengahan 2013 memutuskan menikah dengan pujaan hatinya yang merupakan pegulat Kalimantan Selatan, Indra Satria Prakarsa. Bahkan Roxi memutuskan tinggal di Banjarmasin dan menjadi warga negara Indonesia. Setelah enam tahun tinggal di Indonesia, Roxi pun mendapat kesempatan mencoblos pada Pemilu 2019. Berikut wawancara dengan BPost:

Bagaimana perasaannya?
Saya sungguh sangat senang. Setelah enam tahun tinggal di Indonesia, saya bisa ikut menyalurkan hak pilih saya sebagai warga negara.

Ada persiapan khusus sebelum melakukan pencoblosan?
Sebelum ke TPS saya banyak mempelajari dan membaca soal calon-calon yang akan dipilih. Saya banyak juga mendapat rekomendasi dan saya sudah memiliki pilihan sendiri.

Baca: Dua Bulan Menahan Kangen Anak

Baca: Memanfaatkan Peluang Kredit Program di Kalsel

Baca: Ayo, Jangan Golput!

Ada perbedaan dibanding pemilu di Rumania?
Tentu saja, sangat jauh berbeda. Kalau di sini pemilihan cara pencoblosan, pakai paku. Di Rumania lebih praktis, pakai stam (stempel). Selain itu, di sini selesai memilih tangan akan ditandai. Kalau di Rumania, KTP kita akan di stampel sebagai tanda sudah menggunakan hak pilih.

Pernahkah mencoblos di Rumania?
Tentu saya pernah ikut pemilu di sana. Saya juga sering menyaksikan jalannya pemilu di sana dan semua antusias.

Apakah pilihan beda dengan suami?
Dalam memilih calon, saya selalu konsultasi dengan suami. Syukurnya pilihan kami pun sama, karena kami tertarik dengan program yang ditawarkannya.

Apakah berminat jadi caleg?
Hahaha, saya fokus jadi atlet dulu. Belum memikirkan yang lain. Saya tidak tahu soal itu.

Apa harapan kepada pemimpin dan caleg terpilih?
Saya ada mendengar calon yang dipilih berbicara soal perkembangan olahraga, saya tertarik mendengarnya. Saya berharap jika nanti terpilih akan ada perubahan yang baik di Indonesia. Harapan saya Indonesia lebih baik saja daripada sekarang.

Baca: Pasar Ahad Kertak Hanyar Perlu Pembenahan

Baca: Kapan Sertifikat Tanah Dibagikan

Apa kriteria calon pilihannya?
Bagi saya yang penting membawa perubahan bagi Indonesia lebih baik lagi dan menjalankan program-programnya sesuai yang disampaikan.

Apa yang dilakukan sebelum ke TPS?
Saya cuma bisa berdoa dan sebelum mencoblos saya hanya bisa mengucapkan bismillahirrahmanirrahim calon yang saya pilih benar benar amanah. (arl)

Penulis: Khairil Rahim
Editor: Hari Widodo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved