Berita Banjarmasin

Ini Penjelasan Komisioner KPU Kalsel Terkait Molornya Proses Pencoblosan Pemilu 2019 di Lapas

Riuhnya suasana di Lembaga Pemasarakatan (LP) pada Pemilu 2019 tak hanya terjadi di LP Teluk Dalam Banjarmasin, tapi juga di LP lainnya di Kalsel.

Ini Penjelasan Komisioner KPU Kalsel Terkait Molornya Proses Pencoblosan Pemilu 2019 di Lapas
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
KPU Kota Banjarmasin mengantarkan surat suara ke TPS di Lapas Teluk Dalam Banjarmasin, Rabu (17/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Riuhnya suasana di Lembaga Pemasarakatan (LP) pada Pemilu 2019 memang tak hanya terjadi di LP Teluk Dalam Banjarmasin, tapi juga di LP lainnya di Kalsel.

Pasalnya tak seperti TPS lainnya di lingkungan masyarakat, Pemilih di LP yang masuk dalam Daftar Pemilih Tambahan (DPTb) banyak yang harus menunggu surat suara datang untuk bisa salurkan hak pilihnya.

Akibat ya proses pemungutan suara yang dijadwalkan mulai pukul 8.00 WITA molor berjam-jam.

Hal ini menurut Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalsel, Hatmiati memang hal yang wajar terjadi karena pihaknya mengikuti aturan yang berlaku.

Dimana dijelaskan Hatmiati, sesuai Peraturan KPU, Pemilih di LP yang terdaftar dalam DPTb memang tidak diakomodir surat suaranya, melainkan menunggu adanya kelebihan surat suara yang tidak terpakai dari TPS-TPS lainnya di sekitar LP.

Baca: Datangi TPS 21 Pasarlama, Tiga Mahasiswa Ini Tak Bisa Gunakan Hak Suara Karena Tak Punya Form A5

Baca: Ratusan Warga Binaan di Lapas Banjarmasin Terancam Gagal Gunakan Hak Suara, Ini Penyebabnya

Baca: Ini Penjelasan KPU Banjar Satu DPT Satu TPS Dalam Lapas Perempuan Kelas II A Martapura

Namun Hatmiati mengakui memang ada beberapa kendala yang didapati di lapangan untuk mengumpulkan dan mendistribusikan surat suara tidak terpakai tersebut ke LP-LP yang membutuhkan surat suara.

"Sampai saat ini sebenarnya secara umum bisa diatasi meski memang ada beberapa kendala mengumpulkan dan mendistribusikan surat suara ke Lapas-Lapas. Untuk lokasi saya saat ini di Kabupaten HSU, surat suara di Rutan, Rumah Sakit dan Lapas di sini secara substansi bisa terpenuhi," kata Hatmiati. (Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved