Berita Kabupaten Banjar

Ini Penjelasan KPU Banjar Satu DPT Satu TPS Dalam Lapas Perempuan Kelas II A Martapura

Untuk regulasi penghuni lapas lainnya yang belum bisa masuk DPT karena terdaftar ditempat asal tinggalnya bukan dalam Lapas atau Tanjungrema

Ini Penjelasan KPU Banjar Satu DPT Satu TPS Dalam Lapas Perempuan Kelas II A Martapura
banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili
Petugas PPS di TPS 31 Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura, Rabu (17/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID- MARTAPURA -- TPS 31 Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura menjadi perhatian serius Bupati Banjar, H Khalilurrahman. Dikarenakan saat mengunjungi TPS, dirinya sempat heran DPT hanya satu pemilih dan masing-masing kotak suara berisi dua surat suara, Rabu (17/4).

Sempat tertunda menunggu surat suara untuk pemilih yang masuk dalam DPT Tambahan (DPTb), akhirnya begitu surat suara tiba memasuki pukul 12.00 wita, pemungutan suara digelar TPS.

Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Banjar, Muslihah menjelaskan kenapa sebuah TPS dalam lapas ini hanya ada satu DPT, ketika membuat DPT maka TPS berbasis DPT ditentukanlah lapas perempuan satu perempuan karena berdomisili di Tanjungrema. Sesuai TPS di lapas, maka orang tersebut bisa masuk di dalam TPS berbasis DPT karena ada penghuni satu orang.

Sementara untuk regulasi penghuni lapas lainnya yang belum bisa masuk DPT karena terdaftar ditempat asal tinggalnya bukan dalam Lapas atau Tanjungrema. Oleh karena itulah, jika mau memilih maka menggunakan formulir A5 sebagai syarat, sedangkan yang terdaftar dalam DPTb dari sekian banyak penghuni lapas hanya ada 90 orang, sehingga totalnya ada 91 pemilih.

Baca: Surat Suara LP Teluk Dalam Banjarmasin Tiba Jelang Pukul 15.00 Wita, Masih Kurang dari Jumlah DPTb

"Semua surat suara menjadi kebutuhan dalam TPS 31 Lapas Perempuan Kelas II A Martapura sudah kami drop, dari TPS tetangga sebanyak 20 surat suara, sisanya dari logistik KPU Banjar," jelasnya.

Ketua KPPS 31 Lapas Perempuan, Nurul Fitriah bersyukur pelaksanaan pemungutan suara berjalan lancar. Adapun yang masuk dalam DPTb itu terdiri dari sebanyak 19 orang merupakan warga binaan dan sisanya merupakan pegawai Lapas Perempuan.

Aktifitas pemungutan suara di TPS 31 Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura, Rabu (17/4/2019).
Aktifitas pemungutan suara di TPS 31 Lapas Perempuan Kelas IIA Martapura, Rabu (17/4/2019). (banjarmasinpost.co.id/hasby suhaili)

Ketua Bawaslu Banjar, Fazeri Tamzidillah saat meninjau TPS Lapas Perempuan mengatakan, karena memang dalam penetapan DPT merupakan hasil perekaman Disdukcapil Banjar dan DPTb, walau dari perekaman EKTP Disdukcapil tidak semua bisa terakomodir sebagai pemilih.

"Surat suara sudah didistribusikan, maka silakan lanjutkan pemungutan suara dan penghitungannya," katanya. (Banjarmasinpost.co.id/Hasby)

Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved