Berita Tanahlaut

Lurah Keluhkan Baru 51 Persen Kawasan di Tanahlaut Ber-PJU, Rawan Terjadi Aksi Kejatahan

Beberapa kawasan yang belum berPJU tersebut ujarnya memang rawan karena gelap dan minim pemukiman. Sehingga wajar sering terjadi tindak kejahatan.

Lurah Keluhkan Baru 51 Persen Kawasan di Tanahlaut Ber-PJU, Rawan Terjadi Aksi Kejatahan
banjarmasinpost.co.id/milna sari
Jalan A Yani di Desa Pulau Sari, Tanahlaut tak ber-PJU sehingga rawan terjadi aksi kejahatan. 

BANJARMASINPOST.CO.ID, PELAIHARI - Daerah rawan karena tak berPJU dikeluhkan Lurah Karang Taruna Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanahlaut Kalimantan Selatan Auranti. Hal itu menyusul kejadian pemukulan pengendara motor yang melintas di kawasan TPA Bakunci Jalan Matah oleh orang tak dikenal.

Beberapa kawasan yang belum berPJU tersebut ujarnya memang rawan karena gelap dan minim pemukiman. Sehingga wajar sering terjadi tindak kejahatan.

"Sudah kami usulkan tiap tahun tapi sampai sekarang juga tidak dikasih PJU," terangnya kepada Banjarmasinpost.co.id.

Seandainya diberi PJU Auranti mengatakan kerawanan akan sedikit berkurang karena terang dan tak memberi kesempatan kepada orang berniat jahat melancarkan serangannya di kawasan itu.

Tak berbeda, Jalan A Yani di Desa Pulau Sari Kecamatan Tambang Ulang Kabupaten Tanahlaut juga menjadi daerah yang dianggap rawan karena tak berPJU.

"Gelap kalau malam, saya khawatir juga biasanya melintas disitu," ujar warga Transal Tambang Ulang, Wiyanti.

Baca: Satker Pemerintahan Wajib Miliki Kartu Kredit Belanja Anggaran yang Dikelola, Ini Penjelasan KPPN

Perempuan yang bekerja di Lianganggang Banjarbaru ini mengatakan setiap hari bolak balik Banjarbaru dan Tambang Ulang sehingga selalu melintasi daerah tak berPJU.
"Makanya di beberapa titik ramai warung remang-remang karena tidak ada PJU,"sebutnya.

Sementara Kabid Tatakota dan Kebersihan DKRKPLH Kabupaten Tanahlaut Arif Setyawan mengatakan memang masih banyak daerah yang tak berPJU di Tanahlaut. Bahkan jika dihitung dalam persentase baru sekitar 51 persen daerah di Tanahlaut yang sudah berPJU. Sisanya masih gelap atau diberi PJU sendiri oleh warga.

Angka inipun terangnya sangat lambat pergerakannya mengingat luas wilayah Kabupaten Tanahlaut yang tergolong luas dan semakin cepatnya perkembangan penduduk. Selain harus memasang PJU di jalan umum pihaknya juga harus memberi PJU di daerah pemukiman atau perumahan.

Dalam usulannya terang Arif di Tanahlaut satu kepala desa atau lurah mengusulkan seribu PJU. Sementara di Tanahlaut jumlah desa dan kelurahan sangat banyak sehingga tak bisa semua usulan terpenuhi dengan cepat.

Halaman
12
Penulis: Milna Sari
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved