Berita Kabupaten Banjar

NEWSVIDEO : Surat Suara di Lapas Perempuan Martapura Hanya Dua, Bupati Tertawa Ketus

Bupati Banjar, H Khalilurrahman saat mengunjungi TPS Lapas Perempuan di Jalan Pintu Air Martapura Kabupaten Banjar sempat tertawa ketus.

BANJARMASINPOST.CO.ID, MARTAPURABupati Banjar, H Khalilurrahman saat mengunjungi TPS Lapas Perempuan di Jalan Pintu Air Martapura Kabupaten Banjar sempat tertawa ketus begitu mengetahui Daftar Pemilih Tetap (DPT) di Lapas itu hanya satu orang. 

Padahal ada pegawai lapas sebanyak 70 orang dan warga binaan lainnya yang sudah melakukan peekaman EKTP sebanyak 272 orang tidak bisa menggunakan hak pilihnya, Rabu (17/4/2019).

Kepala Lapas Martapura, Yuneningsih mengatakan, pihaknya sudah berupaya dari awal agar pegawai lapas dan warga binaan yang sudah melakukan perekaman EKTP bisa menggunakan hak pilihnya, sudah melaporkan ke Disdukcapil dan KPU Banjar, namun ternyat tidak telaporkan data hasil perekaman KTP elektronik ke KPU.

Komisioner Divisi Data dan Informasi KPU Banjar, Muslihah begitu tiba di Lapas Perempuan Martapura menjelaskan, keterlambatan pelaksanaan pemungutan suara di TPS lapas ini karena surat suara tidak terakomodir, karena untuk surat suara bagi DPTb ini tidak tersedia sehigga cara mengatasinya dengan mengambil sisa surat suara dari TPS lain di luar lapas.

DPT di lapas hanya satu orang, karena dia merupakan warga Tanjungrema Martapura sendiri.

Baca: Guru Khalil Minta KPU Tanggungjawab, Surat Suara di Lapas Perempuan Hanya Dua

Baca: Prabowo-Sandi Sementara Unggul di HSU dengan 67,36 Persen, Jokowi-Maruf Amin 22,6 Persen

Dijelaskannya, terkait warga binaan yang sudah melakukan perekaman EKTP tetapi tidak bisa masuk DPTb semuanya karena ketika ingin mendaftarkan A5, KPU Banjar tidak bisa melayani karena sudah tidak bisa lagi menarik datanya. Mengingat H-7 pencoblosan, 10 April 2019 tidak bisa lagi memroses A5.

"Pukul 11.00 wita kami akan mulai bergerak mengumpulkan surat suara sisa dari TPS lain, tetapi bisa saja DPTb mendaftar untuk mencoblos pukul 12.00 wita. Tanjungrema ini ada total 31 TPS, jika dari TPS lainnya di Tanjungrema ini tidak bisa memenuhi, maka kami upayakan dari TPS luar Tanjungrema," ujarnya.

Sementara KPPS di Lembaga Permasyarakatan (LP) Teluk Dalam Banjarmasin dibuat menunggu atas kedatangan surat suara yang dianggap terlambat. Pasalnya surat suara tersebut direncanakan untuk DPTb yang terdaftar di LP Jalan Teluk Dalam itu, Rabu (16/4/2019).

Hingga pukul 13.00 wita, pihak KPPS menunggu kedatangan surat suara tersebut. Padahal waktu itu sudah saatnya DPTb dan DPK menggunakan hak suara.

Beruntung, hitungan belasan menit menjelang waktu yang ditentukan, surat suara pun datang.

Halaman
12
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved