Pemilu 2019

Pemungutan Suara Pemilu 2019 di TPS ini Sempat Tertunda, Begini Penyebabnya

Ratusan Pemilih masyarakat RT 17 Kelurahan Pengambangan, Banjarmasin Timur, Banjarmasin sempat menunggu kurang lebih dua jam untuk menyalurkan

Pemungutan Suara Pemilu 2019 di TPS ini Sempat Tertunda, Begini Penyebabnya
banjarmasinpost.co.id/acm
Pemilih di TPS 17 Pengambangan kembali dapat salurkan hak pilih setelah surat suara lengkap diterima KPPS 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN - Ratusan Pemilih masyarakat RT 17 Kelurahan Pengambangan, Banjarmasin Timur, Banjarmasin sempat menunggu kurang lebih dua jam untuk menyalurkan hak pilihnya.

Sebab, Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 17 Kelurahan Pengambangan ini tidak menerima surat suara Capres dan Cawapres Pemilu 2019.

Hal ini baru diketahui saat para Petugas KPPS disaksikan saksi-saksi Partai Politik dan pengawas Pemilu membuka segel kotak suara tempat pendistribusian surat suara dari KPU dan tak mendapati surat suara Capres dan Cawapres di dalamnya, Rabu (17/4/2019).

Selanjutnya KPPS berkoordinasi Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Banjarmasin Timur mengusahakan mencari surat suara Capres dan Cawapres untuk 205 Pemilih di TPS ini.

Hal ini dibenarkan Anggota PPK Banjarmasin Timur, M Najmuel Muttaqin.

Ia menjelaskan, proses pemungutan suara sempat ditunda kurang lebih dua jam hingga akhirnya surat suara Capres dan Cawapres tiba di TPS 17 Pengambangan tersebut.

"Kami koordinasi antara TPS dengan TPS lain dan berhasil mengumpulkan sebanyak 25 surat suara dari kelebihan DPT dan kekurangan lainnya, masih sambil diawasi Pengawas Pemilu dan Kepolisian surat suara kami ambil dari KPU," kata M Najmuel.

Akhirnya sekitar pukul 10.30 WITA, proses pemungutan suara di TPS ini bisa dilanjutkan dengan lancar Walau harus terlambat dibanding TPS-TPS lainnya.

Baca: Penyebab Hubungan Vanessa Angel dan Bibi Ardiansyah Berakhir Terungkap, Gara-gara Prostitusi Artis?

Baca: Ayu Ting Ting Nangis, Raffi Ahmad dan Nagita Slavina Naik Motor, Ini Kisah Pemilu 2019 para Artis

Baca: Syahrini Berjalan Pincang Menuju TPS, Ternyata Reino Barack Bikin Kaki Teman Luna Maya Itu Terluka

Baca: LINK Hasil Pilpres 2019 (Pemilu 2019) versi Quick Count Bisa Diakses Mulai 15.00 WIB

Kejadian ini menurut Penitia Pengawas (Panwas) Kelurahan Pengambangan, Anang Andit tentu menjadi catatan dan sudah disampaikannya ke pihak Panwas Kecamatan Banjarmasin Timur serta Bawaslu Kota Banjarmasin.

"Alhamdulillah tadi Panitia bisa cepat berkoordinasi sampai surat suara bisa disiapkan diambil dari KPU dan sekarang sudah berjalan lancar," kata Anang.

Camat Banjarmasin Timur, Ahmad Muzaiyin pun juga tiba di TPS 17 Pengambangan setelah mendengar kabar tak adanya surat suara Capres dan Cawapres di salah satu TPS di wilayahnya.

Walaupun dimulai terlambat, Muzaiyin nyatakan sudah berkonsultasi dengan PPK Banjarmasin Timur dan sesuai aturan, Pemilih yang hingga pukul 13.00 WITA sudah terdaftar menyerahkan formulir C6 akan tetap dilayani hingga selesai.

"Artinya yang sampai jam 13.00 WITA sudah daftar akan dilayani sampai selesai jadi masyarakat jangan khawatir," kata Muzaiyin.

(Banjarmasinpost.co.id/Achmad Maudhody)

Penulis: Achmad Maudhody
Editor: Edinayanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved