Berita HSS

Semua TPS di Kecamatan Angkinang, HSS Dibikin Langkar, Ada Doorprize, Warga Pun Enjoy Mencobos

Seluruh TPS di desa-desa tersebut dihias unik, dengan tema berbeda-beda, atau istilah masyarakat setempat dibikin Langkar (cantik dan menarik).

Semua TPS di Kecamatan Angkinang, HSS Dibikin Langkar, Ada Doorprize, Warga Pun Enjoy Mencobos
banjarmasinpost.co.id/hanani
TPS-TPS Langkar (berhias cantik dan menarik) di sejumlah desa di Kecamatan Angkinang, Hulu Sungai Selatan, Rabu (17/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, KANDANGAN - Sikap gembira menyambut Pemilu 2019 ditunjukkan warga di Kecamatan Angkinang, Kabupaten Hulu Sungai Selatan, Rabu (17/4/2019).

Seluruh TPS di desa-desa tersebut dihias unik, dengan tema berbeda-beda, atau istilah masyarakat setempat dibikin Langkar (cantik dan menarik).

Tak hanya itu, beberapa TPS malah menyediakan doorprize bagi masyarakat yang datang mencoblos, berupa payung, ember, baskom serta jenis barang rumah tangga lainnya.

Usai mencoblos, pemilih boleh berfoto selfi atau wefi di spot foto yang telah disediakan. Adapun tema TPS masing-masing desa berbeda.

Ada yang menghiasinya dengan hasil pertanian, ada yang bernuansa bunga seperti dekor pengantenan, nuansa balon, serta tema budaya Banjar dengan pakaian adat Banjar, yaitu menggunakan topi laung.

Baca: Demi Pemungutan Suara Pemilu 2019 Lancar, Relawan Demokrasi Banjar Rela Lakoni Hal Ini

Baca: Surat Suara LP Teluk Dalam Banjarmasin Tiba Jelang Pukul 15.00 Wita, Masih Kurang dari Jumlah DPTb

Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan Angkinang, Akhmad Bustani kepadabanjarmasinpost.co.id, Rabu (17/4/2019) siang ini mengungkapkan, Balangkaran TPS se Kecamatan Angkinang ini sudah pernah dilaksanakan pada Pilkada 2018 lalu.

Tujuannya, denmgan TPS unik dan menarik, diharapkan memotivasi masyarakat pemilih bersemangat datang, menggunakan hal pilihnya. "Terbukti pada Pilkada lalu, partisipasi pemilih di kecamatan ini paling tinggi ketimbang di kecamatan lainnya di HSS,"ungkap Bustani.

TPS Langkar lanjut lagi di Pemilu 2019, hari ini pun, kata Bustani hasil pemantauan dia di Desa Angkinang dan Taniran Kubah, masyarakat sejak pagi berbondong-bondong datang ke TPS.

Penampilan petugas PPS di Kecamatan Angkinang, HSS
Penampilan petugas PPS di Kecamatan Angkinang, HSS (banjarmasinpost.co.id/hanani)

Dijelaskan, ide Balangkaran TPS tersebut dari Camat Angkinang, yang akhirnya disepakati para penyelenggara, yaitu PPK dan KPPS. Dengan TPS Langkar, diharapkan masyarakat pun menyambut Pemilu dengan gembira, namun tetap tenang dan damai.

Mengenai biaya menghias TPS maupun menyediakan doorprize, kata Bustani, maksimal menghabiskan Rp 500 ribu, bahkan ada yang kurang dari anggaran tersebut, karena selain dibikin secara gotong royong juga memanfaatkan bahan yang ada di sekitarnya. Bahkan, ada yang kurang dari anggaran tersebut,

Baca: Jokowi Ungguli Prabowo 52,30 : 55 % , Hasil Quick Count Litbang Kompas Data 52,30 % Pilpres 2019

Baca: Coblos di TPS Desa Cabi, KEcamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar, Warga Dapat Hadiah Undian

"Dananya dari anggaran operasional yang diberikan KPU untuk masing-masing TPS,"tambah Bustani.

Halaman
12
Penulis: Hanani
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved