Berita Banjarmasin

Surat Suara di Lapas Teluk Dalam Terlambat, Ini Penjelasan KPU Kota Banjarmasin

Keterlambatan surat suara yang sampai di lembaga Permasyarakatan Teluk Dalam, Banjarmasin dijelaskan oleh Komisioner KPU Kota Banjarmasin, Rahmi.

Surat Suara di Lapas Teluk Dalam Terlambat, Ini Penjelasan KPU Kota Banjarmasin
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
KPU Kota Banjarmasin mengantarkan surat suara ke TPS di Lapas Teluk Dalam Banjarmasin, Rabu (17/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- Keterlambatan surat suara yang sampai di lembaga Permasyarakatan Teluk Dalam, Banjarmasin dijelaskan oleh Komisioner KPU Kota Banjarmasin, Rahmi.

Ia sendiri langsung mengantarkan surat suara tersebut ke LP Teluk Dalam Banjarmasin di Jalan Telukdalam, Banjarmasin, Kalsel, Rabu (17/4/2019) menjelang pukul 15.00 wita.

Rahmi sempat meminta maaf kepada pihak KPPS Pelambuan di TPS yang ada pada LP Teluk Dalam Banjarmasin atas keterlambatan itu. Pihak KPPS pun memahami hal tersebut dan mengerti.

Bahkan sebelumnya disampaikan oleh Koordinator KPPS Pelambuan untuk TPS yang ada di LP Teluk Dalam Banjarmasin, Tri Haryanto, warga binaan yang masuk DPTb memang mungkin saja kehilangan hak suara. Hal itu karena surat suara yang menunggu dari TPS lain.

Rahmi menjelaskan, untuk DPTb khusus LP ataupun Lapas memang tidak diakomodir oleh KPU pusat. Itu ujar Rahmi sudah menjadi keputusan dari MK. Sehingga KPU Kabuapten Kota menggunakan surat suara sisa dari TPS terdekat. Kemudian disalurkan ke DPTb warga binaan.

Baca: Surat Suara LP Teluk Dalam Banjarmasin Tiba Jelang Pukul 15.00 Wita, Masih Kurang dari Jumlah DPTb

Baca: Ini Penjelasan Komisioner KPU Kalsel Terkait Molornya Proses Pencoblosan Pemilu 2019 di Lapas

Baca: Prabowo-Sandi Sementara Unggul di HSU dengan 67,36 Persen, Jokowi-Maruf Amin 22,6 Persen

"Surat di Lapas memang tidak ada untuk DPTb, karena keputusan MK memang tidak diakomodir. Tapi kami punya mekanisme untuk menyediakan surat suara para DPTb di Lapas," jelas Rahmi.

"Kami ambil dari surat suara sisa yang ada di TPS sekitar Lapas," tambahnya.

Terang Rahmi, karena harus menunggu dari TPS lain itulah yang membuat keterlambatan.

Ditambah lagi, surat suara baru bisa dipindahkan apabila daftar hadir sudah ditentukan. Kemudian dihitung jumlahnya. Perhitungan suara pun ujar Rahmi akan dilakukan di TPS tempat mengambil surat suara. Meski pelaksanaan pemungutan suara di TPS yang ada di Teluk Dalam Banjarmasin.

"KPU Kota Banjarmasin sudah berupaya agar warga binaan LP Teluk Dalam Banjarmasin bisa menggunakan hak suara mereka" ucap Rahmi.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved