Berita Banjarmasin

Surat Suara LP Teluk Dalam Banjarmasin Tiba Jelang Pukul 15.00 Wita, Masih Kurang dari Jumlah DPTb

Hingga pukul 13.00 wita, pihak KPPS menunggu kedatangan surat suara tersebut. Padahal waktu itu sudah saatnya DPTb dan DPK menggunakan hak suara.

Surat Suara LP Teluk Dalam Banjarmasin Tiba Jelang Pukul 15.00 Wita, Masih Kurang dari Jumlah DPTb
banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti
KPU Kota Banjarmasin mengantarkan surat suara ke TPS di Lapas Teluk Dalam Banjarmasin, Rabu (17/4/2019) 

BANJARMASINPOST.CO.ID, BANJARMASIN- KPPS di Lembaga Permasyarakatan (LP) Teluk Dalam Banjarmasin dibuat menunggu atas kedatangan surat suara yang dianggap terlambat. Pasalnya surat suara tersebut direncanakan untuk DPTb yang terdaftar di LP Jalan Teluk Dalam itu, Rabu (16/4/2019).

Hingga pukul 13.00 wita, pihak KPPS menunggu kedatangan surat suara tersebut. Padahal waktu itu sudah saatnya DPTb dan DPK menggunakan hak suara.

Menanti belasan menit, lantas, Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) Pelambuan TPS 81, Tri Haryanto melakukan koordinasi dengan KPU Kota Banjarmasin via telpon.

Dalam perbincangan tersebut, terdengar adanya kelonggaran waktu tunggu yang ditawarkan oleh KPPS Pelambuan TPS 81. Ia mengatakan akan menunggu hingga pukul 15.30 wita.

Beruntung, hitungan belasan menit menjelang waktu yang ditentukan, surat suara pun datang. Akan tetapi ujar Tri, itu pun jumlahnya masih kurang. Sementara surat suara yang dibutuhkan mencapai 836 orang yang masuk dalam DPTb.

Baca: Jokowi Ungguli Prabowo 52,30 : 55 % , Hasil Quick Count Litbang Kompas Data 52,30 % Pilpres 2019

Baca: Coblos di TPS Desa Cabi, KEcamatan Simpang Empat Kabupaten Banjar, Warga Dapat Hadiah Undian

Baca: Lapas Kotabaru Overkapasitas, Ruang Aula Pun Dipakai untuk Sel, Kapasitas 30 Diisi 200 Warga Binaan

Hingga menjelang pukul 15.30, jumlah total surat suara dari lima jenis pemilihan, hanya mencapai 400an surat suara.

Tri yang sekaligus menjabat sebagai Kasi Binadik LP Teluk Dalam Banjarmasin menerangkan, pihaknya masih menunggu surat suara hingga datang. Sementara pemilihan tetap berlangsung sekitar pukul 15.30 wita menggunakan surat suara seadanya.

"Apabila kekurangannya lewat dari jam yang kami tentukan, terpaksa sebagian peserta DPTb tidak bisa menggunakan hak suara," ucap Tri.

Sementara itu, ratusan warga binaan LP Telukdalam masih sangat sabar menanti jadwal pencoblosan. Beberapa malah mulai antre di depan pintu pencoblosan padahal surat suara masih belum datang. Mereka juga menanyakan kapan akan dimulai lagi pemungutan suara di TPS tersebut.

Warga binaan LP Teluk Dalam Banjarmasin, Alex mencari namanya dari semua DPTb yang tertempel pada sembilan TPS di LP tersebut. Hal ia sayangkan, namanya tidak terdaftar. Padahal ia merupakan warga Banjarmasin yang kini berada di LP karena kasus narkoba.

Baca: Ini Penjelasan Ketua KPU Banjar Menanggapi Pengiriman Logistik Baru Pagi Hari

Baca: Para Pemilih Menunggu Sekitar 2 Jam di TPS, karena Banyak Pilihan

Baca: BERLANGSUNG! Live Streaming Kompas TV Hasil Hitung Cepat Pilpres 2019 dan Quick Count Pemilu 2019

"Lima tahun yang lalu saya juga mencoblos disini dan masuk DPT. Sekarang malah tidak ada," ucapnya.

Diketahui, Alex menceritakan kalau ia sudah berkali-kali masuk LP Teluk Dalam. Ia bahkan sudah mendapati pesta demokrasi selama dua kali di LP tersebut.

Kehilangan hak suara bagi Alex terasa kehilangan hal penting. Jelasnya, dengan memilih, maka juga bisa berpartisipasi untuk Pemilu dan memilih pemimpin lima tahun ke depan.

(Banjarmasinpost.co.id/isti rohayanti)

Penulis: Isti Rohayanti
Editor: Elpianur Achmad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved